About Bali

I Nyoman Nuarta, Nama Besar Dibalik Kemegahan Garuda Wisnu Kencana

 Sabtu, 25 Juni 2022, 20:50 WITA

bbn/Kumparan.com/I Nyoman Nuarta, Nama Besar Dibalik Kemegahan Garuda Wisnu Kencana

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

DTW Garuda Wisnu Kencana atau GWK menjadi salah satu karya seni ikonik yang ada di bali. Dibalik patung GWK ada seorang seniman patung asal Bali yang punya banyak karya. I Nyoman Nuarta, seniman patung dibalik kemegahan GWK.

Secara nasional karya patung atau tugu yang dibuat oleh I Nyoman Nuarta tersebar di berbgaai daerah. Ada Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya) di Surabaya, Patung Timika untuk alun-alun Newtown Freeport di Papua dan masih banyak lagi.

Seniman berbakat ini merupakan lulusan Fakultas Seni Rupa ITB (1972-1979). Ia adalah putra Bali asal Tabanan yang mengerjakan banyak proje besar Nasional.

Terbaru Nyoman Nuarta mendadak viral setelah mengikuti sayembara desain kantor kepresidenan atau istana negara di ibu kota negara (IKN) baru, Kecamatan Sepaku, Provinsi Kalimantan Timur.

Desain Ibu Kota Negara yang ia buat terpilih dalam sayembara tersebut. Hal ini makin melambungkan namanya.

Pria berusia 69 tahun itu telah menekuni dunia seni patung selama 45 tahun lamanya.  Sejak masa kanak-kanak, Nyoman telah banyak terlibat dalam kegiatan kesenirupaan di desanya.

Pengalaman profesional Nyoman di bidang seni rupa dimulai sejak dia bestatus sebagai mahasiswa. Pada tahun 1972, Nyoman memasuki dunia perkuliahan dan memilih jurusan Seni Rupa di Institut Teknologi Bandung (ITB). 

Setelah dua tahun, dia memilih untuk melanjutkan studinya ke Jurusan Seni Patung. Kala itu, Nyoman bersama pematung G Sidharta dan Martono bergabung dalam Gerakan Seni Rupa Baru (GSRB) Indonesia pada tahun 1977.

Penulis : bbn/tim