Ekbis

Desa Wisata Carangsari Dibantu Kembangkan Produk Lokal

 Selasa, 24 Mei 2022, 17:40 WITA

beritabali/ist/Desa Wisata Carangsari Dibantu Kembangkan Produk Lokal.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Badung. 

Tim Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Pertanian, Universitas Warmadewa (FP-Unwar) membantu pengembangan produk lokal Desa Carangsari, Badung. 

Pengembangan produk lokal dilakukan menyusul penetapan Desa Carangsari sebagai desa wisata oleh Pemerintah Kabupaten Badung.  

Melalui Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah, FP-Unwar menerjunkan tim yang terdiri dari Ir. I Wayan Sudiarta,MP sebagai Ketua, dengan anggota Ir. A. A. Made Semariyani, M.Si, Dr. Ni Made Ayu Suardani Singapurwa, STP., M.Si dan Ir. Ni Made Darmadi, M.Si. Tim ini nantinya akan membantu dalam menghasilkan produk inovatif olahan buah kelapa dan kacang-kacangan. 

Wayan Sudiarta mengungkapkan pengembangan produk inovatif olahan buah kelapa dan kacang-kacangan dilakukan sebagai usaha memanfaatkan bahan lokal, yang merupakan hasil pertanian masyarakat Desa Carangsari. 

Usaha ini untuk memberi nilai tambah yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

“Harga buah kelapa sangat murah bahkan pada saat panen raya harga buah kelapa hanya Rp.2.000 - Rp.4.000 per buah. Sedangkan ongkos panjat cukup mahal yaitu Rp.20.000,- per pohon. Dengan murahnya harga buah kelapa maka perlu dipikirkan alternatif mengolahnya menjadi produk lain, sehingga nilai ekonomis dapat ditingkatkan dan dapat menambah pendapatan masyarakat,” kata Sudiarta dalam keteranganya di Badung pada Selasa (24/5).

Sudiarta yang merupakan Wakil Dekan III FP-Unwar mengungkapkan kacang-kacangan juga merupakan hasil pertanian potensial Carangsari dan sekitarnya. Jenis hasil pertanian ini banyak dijual di Pasar desa. 


Halaman :





Trending