News

Cara Melindungi Diri dari Polusi dan Radikal Bebas

 Kamis, 20 Januari 2022, 20:40 WITA

bbn/klikdokter.com/Cara Melindungi Diri dari Polusi dan Radikal Bebas

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Polusi udara dan juga beritabali.com/read/2022/01/10/202201100016/ini-faktor-utama-penyebab-radikal-bebas-yang-percepat-penuaan">beritabali.com/tag/radikal-bebas">radikal bebas menjadi ancaman yang serus untuk kesehtaan. Didalam beritabali.com/tag/polusi-udara">polusi udara ada banyak zat berbahaya bagi tubuh. Selain itu beritabali.com/tag/polusi-udara">polusi udara juga pemicu peningkatan beritabali.com/tag/radikal-bebas">radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang mudah bereaksi dengan molekul penting dalam tubuh kita, termasuk DNA, lemak dan protein. 

Sebenarnya, metabolisme tubuh juga menghasilkan beritabali.com/tag/radikal-bebas">radikal bebas. Namun, tubuh juga memiliki antioksidan yang mampu menangkal efek negatif beritabali.com/tag/radikal-bebas">radikal bebas. Tapi tingkat beritabali.com/tag/polusi-udara">beritabali.com/tag/polusi-udara">polusi udara yang tinggi, jumlah beritabali.com/tag/radikal-bebas">radikal bebas pun meningkat. Jumlah beritabali.com/tag/radikal-bebas">radikal bebas yang berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan antioksidan kewalahan, sehingga sedikit demi sedikit sel tubuh rusak. 

Untuk mencegah gangguan daru beritabali.com/tag/radikal-bebas">radikal bebas maka diperlukan sejumlah pertahanan dari tubuh. Berikut sejumlah cara melindungi diri dari beritabali.com/tag/polusi-udara">polusi udara dan juga Radikal bebas.

1. Perbanyak makanan kaya antioksidan

Tubuh akan menghasilkan antioksidan secara optimal jika kita banyak konsumsi sayur dan buah yang kaya antioksidan. Buah kaya antioksidan antara lain lemon, almon, tomat, delima, sedangkan dari kelompok sayuran meliputi wortel, brokoli, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

2. Pola hidup sehat

Menjalani pola hidup sehat mulai dari pola makan gizi seimbang, minum air putih minimal delapan gelas per hari, olah raga teratur dan cukup tidur akan menjadikan badan tetap fit sehingga tubuh bisa optimal menghasilkan antioksidan guna menandangkal beritabali.com/tag/radikal-bebas">radikal bebas. Lalu, jangan merokok dan konsumsi gula hingga kopi pada batas wajar.


Halaman :