Ekbis

Bupati Tamba Ingin Ekspor Olahan dari Biji Coklat Fermentasi

 Selasa, 25 Januari 2022, 12:05 WITA

beritabali/ist/Bupati Tamba Ingin Ekspor Olahan dari Biji Coklat Fermentasi.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Jembrana. 

beritabali.com/tag/Bupati-Jembrana">beritabali.com/tag/Bupati-Jembrana">Bupati Jembrana I Nengah Tamba melepas pengiriman biji kakao fermentasi ke perusahaan buyer, POD Cokelat Baturiti, Senin(24//01/2022). 

Pelepasan ditandai dengan pemecahan kendi didampingi Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali Trisno Nugroho rumah jabatan Bupati. 

“Saat ini coklat fermentasi dari Jembrana telah diakui mempunyai nilai sangat baik di pasar dunia. Kita (Jembrana) telah beberapa kali mengekspor biji coklat ke berbagai Negara, namun itu masih parsial. Bukan itu yang kita inginkan. Kami(pemerintah daerah) berupaya kedepan ini agar tidak berupa biji coklat yang kita ekspor melainkan berupa barang olahan dari biji coklat fermentasi yang kita kirim. Jika prosesing itu dapat dilakukan, tentu akan dapat menambah pendapatan dan kesejahteraan  petani,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Tamba, Secara perlahan upaya pengolahan biji cokelat itu sudah dilakukan di Jembrana. Pemkab Jembrana juga berupaya memberikan dukungan. Misalnya melalui gerakan coklat morning guna menjamu tamu tamu Pemkab.

“Yang disajikan dari kegiatan itu, adalah beritabali.com/tag/produk-olahan-cokelat">beritabali.com/tag/produk-olahan-cokelat">produk olahan cokelat karya UMKM Jembrana. Ini dukungan kita agar produk olahan kakao Jembrana itu makin dikenal, tidak hanya biji kakao yang lebih dulu diakui dipasar ekspor,” tandasnya. 

Kata Bupati Tamba, dengan hadirnya Perumda diharapkan  mampu membeli produk petani, mengolah dan mengekspor produksi petani. 

“Perumda ini salah satu sub sektor usahanya di bidang kakao juga. Jadi Perumda berfungsi membeli produk petani dengan sasaran pasar ekpor. Buyernya sudah ada, tinggal dimaksimalkan lagi,“ terangnya. 


Halaman :