About Bali

Bali Berbenah Jelang KTT G20 Indonesia

 Selasa, 11 Januari 2022, 15:10 WITA

bbn/medcom.id/Bali Berbenah Jelang KTT G20 Indonesia

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Bali menjadi tuan rumah KTT G20 Indonesia yang dilaksanakan pada tahun ini, 2022. Menjelang pelaksanaan KTT G20, sejumlah pihak yang berpartisipasi baik dari pemerintah pusat dan daerah mulai bersiap.

Salah satunya adalah dengan penghijauan di Jalan tol pertama di Bali, yaitu Jalan Tol Bali Mandara. Begitu juga fasilitas lain seperti penginapan dan venue acara, semua dalam proses persiapan terbaik untuk melancarkan acara.

Adapun KTT G20 akan mengambil tema besar yaitu recover together, recover stronger. Pulau Bali yang akan menjadi pusat lokasi penyelenggaraan KTT G20 akan semakin dibuat lebih ramah lingkungan melalui kegiatan pembenahan infrastuktur kawasan yang didukung dengan penghijauan yang masif.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pada pelaksanaan KTT G20 tahun 2022 mendatang akan memanfaatkan Jalan Tol Bali Mandara. Sebagai salah satu infrastruktur pendukung untuk mobilitas setiap tamu undangan sepanjang event digelar

Jalan Tol Bali Mandara sendiri merupakan Jalan Tol pertama di Pulau Bali yang menghubungkan tiga wilayah yaitu Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa serta merupakan salah satu tol atas air terpanjang di dunia.

"Saya meminta penghijauan di ruas Jalan Tol Bali Mandara. Hijau ini bisa dengan pohon atau tanaman bunga untuk beautifikasi sehingga lebih terlihat lembut, hal ini nanti akan disiapkan dengan arsitek landscape untuk desainnya," ujarnya dalam siaran pers, Minggu (9/1/2022).

Jalan tol Bali Mandara telah menerapkan green energy melalui pembangunan pembangkit listrik tenaga surya di jalur motor yang saat ini masih dalam kajian bisnis.

Untuk mendukung program penghijauan dalam rangka menciptakan green toll road, juga telah dilakukan juga penanaman 72.000 bibit mangrove di lingkungan jalan tol dan sosialisasi pengurangan penggunaan sampah plastik.


Halaman :