News

BMKG Ungkap Penyebab Cuaca Panas Beberapa Hari Ini

 Rabu, 26 Januari 2022, 11:00 WITA

bbn/ilustrasi/BMKG Ungkap Penyebab Cuaca Panas Beberapa Hari Ini

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, NTB. 

Beberapa hari belakangan ini, cuaca di Nusa Tenggara Barat cukup panas. Suhu terasa semakin panas di siang hari.

Baca juga:
beritabali.com/read//pendaki-berusia-16-tahun-siap-berangkat-mendaki-gunung-elbrus" target="_self" title="Pendaki Berusia 16 Tahun Siap Berangkat Mendaki Gunung Elbrus">Pendaki Berusia 16 Tahun Siap Berangkat Mendaki Gunung Elbrus



 

beritabali.com/tag/Prakirawan-BMKG">beritabali.com/tag/Prakirawan-BMKG">Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid, Wulan Wandarana, mengatakan suhu lebih panas akibat adanya fenomena cuaca belokan angin dan konvergensi di wilayah Indonesia bagian barat. Itu yang mengakibatkan keadaan cuaca cerah dan sering tidak mengalami hujan.

“Keadaan cuaca cerah beberapa hari ini di sebagian beritabali.com/tag/wilayah-NTB">wilayah NTB diakibatkan oleh adanya fenomena cuaca belokan angin dan konvergensi di wilayah Indonesia bagian barat,” katanya, Selasa (25/1).

Selain itu, adanya peningkatan kecepatan angin akibat perbedaan tekanan di beritabali.com/tag/wilayah-NTB">wilayah NTB. Itu menjadi penyebab berkurangnya suplai massa udara untuk pembentukan awan di beritabali.coom/tag/wilayah-NTB">beritabali.com/tag/wilayah-NTB">wilayah NTB.

Seperti diketahui, kurangnya tutupan awan mengakibatkan sinar matahari langsung tembus ke permukaan bumi, sehingga menyebabkan suhu terasa panas. 


Halaman :