News

8 Hal Yang Harus Perempuan Lakukan di Masa Kehamilan

 Jumat, 05 November 2021, 12:50 WITA

beritabali.com/ist/suara.com/8 Hal Yang Harus Perempuan Lakukan di Masa Kehamilan

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

beritabali.com/tag/beritabali.com/tag/Hamil">Hamil">beritabali.com/tag/Hamil">Hamil dan punya anak menjadi salah satu impian bagi sebagian perempuan. Masa-masa kehamilan hingga melahirkan sendiri tantangan yang tidak mudah dijalani bagi perempuan

Oleh sebab itu, penting untuk bisa menjaga kesehatan bagi perempuan hamil.  Nah, jika kamu ingin tetap sehat di masa kehamilan, ada sejumlah kegiatan yang mesti rutin kamu lakukan.

Dilansir dari Healthsot, berikut ini daftarnya. 

Edukasi diri tentang kehamilan

Hal yang pertama harus wanita lakukan adalah dengan mengedukasi diri tentang kehamilan. Tentunya, Anda bisa bicarakan soal ini kepada keluarga Anda, terutama tentang pengalaman mereka saat menjalani kehamilan. Pelajari juga tentang apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan di masa hamil. Begitu juga tentang makanan yang harus dikonsumsi dan mana yang tidak boleh dikonsumsi. Dengan begitu, ini akan menjadi cara yang aman untuk kesehatan Anda dan juga bayi Anda.

Jaga berat badan

Di masa kehamilan, hal yang paling penting adalah tetap menjaga berat badan agar tetap sehat. Bahkan, sebuah penelitian melaporkan, komplikasi kehamilan sering terjadi pada wanita yang mengalami kelebihan berat badan, salah satunya obesitas dibanding wanita dengan berat badan normal. Maka dari itu, penting untuk menjaga Indeks Massa Tubuh (IMT) agar Anda tetap sehat.

Konsumsi makanan sehat selama kehamilan

Ini jangan sampai Anda abaikan saat menjalani masa kehamilan. Dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran, tentu ini akan mencegah cacat tulang belakang dan cacat tabung saraf pada janin yang sedang tubuh.

Di samping itu, memiliki pola makan yang seimbang juga sangat penting. Mulai dari protein, karbohidrat, lemak, tinggi serat, vitamin hingga mineral.

Di sisi lain, Anda juga perlu meningkatkan pola kesehatan lain. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi beritabali.com/read/2021/04/30/202104290034/5-tips-agar-tetap-sehat-selama-bulan-ramadan-di-tengah-pandemi">beritabali.com/tag/air-mineral">air mineral secara konsisten. Hindari juga makanan di luar untuk mencegah gastroenteritis, sebab makanan yang mengandung kalori ekstra sangat dibutuhkan pada kehamilan pada trimester pertama.

Konsultasi

Selanjutnya, hal yang perlu Anda lakukan selama kehamilan adalah dengan berkonsultasi dengan dokter Anda. Salah satunya tentang berapa banyak kalori yang dibutuhkan untuk mendapatkan berat badan yang optimal selama kehamilan.


Halaman :