News

74 Pedanda Siwa-Budha Bali Gelar Paruman Agung di Jembrana

 Sabtu, 19 Februari 2022, 22:45 WITA

beritabali/ist/74 Pedanda Siwa-Budha Bali Gelar Paruman Agung di Jembrana.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Jembrana. 

Di wantilan Pura Dangkahyangan Merthasari, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, dilaksanakan Paruman Agung Dharmoghosana, Paruman Agung Dharma Prawerthi Sabha Lan Paruman Agung Wuku Bala, Perkumpulan Dahrmopadesa Pusat Nusantara, Tahun 2022, yang diikuti oleh sebanyak 74 orang Pedanda Lanang Istri, pada Sabtu (19/2/2022).

Kehadiran sebanyak 74 Ida Pedanda ini adalah perwakilan terbatas sebanyak 6 orang dari masing-masing Kabupaten/Kota se-Nusantara, lantaran situasi saat ini di negara Indonesia masih dalam keadaan Pandemi Covid-19, hingga tentunya, kegiatan digelar dengan penerapan Protokol Kesehatan yang sangat ketat.

Hadir dalam kegiatan Paruman Pedanda Siwa-Budha Bali Nusantara, diantaranya Bupati Jembrana I Nengah Tamba SH yang diwakili Wabup Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna, Ketua Paruman Agung Dharma Prawerhi Sabha, Marsekal TNI (Pur) Ida Bagus Putu Dunia, Drs. IB Susrama, Ketua Komisi I DRPD Kabupaten Jembrana, selaku Ketua Panitia dan Pangempon Pura Dangkahyangan Merthasari, Asisten I Pemkab Jembrana I Negah Ledang, Kapolsek Kota Jembrana Iptu I Putu Budi Santika, Camat Jembrana I Kadek Agus Arianta, serta para Panitia Penyelenggara.

Ida Pedanda Gde Putra Kemenuh dari Griya Kusara Kemenuh Jembrana sebagai Mukhya Pangelingsir Dharmoghosana Cabang Jembrana, mengatakan, Organisasi Paruman Pedanda Siwa-Budha Bali Nusantara ini, resmi didirikan sejak tahun 1999-nan, dan berada di bawah payung Yayasan Dharmopadesa. 

Organisasi Pedanda Siwa-Budha Bali-Nusantara ini, telah memiliki legalitas hukum dan telah ditetapkan oleh Kemenkum HAM dalam bentuk Lembaga berbadan hukum dalam bentuk Perkumpulan sehingga bernama Perkumpulan Dharmopadesa Pusat Nusantara, berkantor pusat di Kodya Denpasar, Provinsi Bali.

"Dharmopadesa ini mempunyai kegiatan dalam bentuk Paruman (Rapat Koordinasi Sulinggih), yang digelar setiap 7 (tujuh) bulan sekali (Kalender Bali) secara bergiliran di 7 (tujuh) Kabupaten/Kota di Provinsi Bali. Saat ini, giliran di Kabupaten Jembrana, mengambil tempat di Pura Dhangkahyangan Mertasari, pada Sabtu (19/2/2022)", jelas Ida Pedanda.


Halaman :