News

5 Organ Utama yang Menjalankan Fungsi Sistem Ekskresi pada Manusia

 Selasa, 17 Mei 2022, 22:50 WITA

bbn/Suara.com/5 Organ Utama yang Menjalankan Fungsi Sistem Ekskresi pada Manusia

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Sistem ekskresi merupakan sebuah sistem yang bertugas mengolah dan membuang zat sisa metabolisme serta racun dalam tubuh. Tentu, ada beberapa organ yang berperan melaksanakan fungsi ini. Maka dari itu, rasanya akan benar ketika Anda juga mengenal fungsi sistem ekskresi pada manusia sehingga memiliki pemahaman lebih baik pada tubuh.

Organ yang menjalankan fungsi ini sendiri antara lain paru-paru, kulit, hati, ginjal, dan usus besar. Fungsi dan cara kerjanya berbeda, namun intinya membuang racun dari dalam tubuh. Berikut ulasan singkat mengenai fungsi sistem ekskresi pada manusia berdasarkan organnya.

1. Paru-Paru

Menjadi organ utama dalam pernapasan manusia, paru-paru menjadi tempat pertukaran oksigen yang diperoleh dari udara ke dalam darah. Darah yang mengandung oksigen kemudian disalurkan ke seluruh tubuh sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Tubuh akan menghasilkan karbondioksida atas penggunaan oksigen ini sebagai sisa metabolisme. Karena beracun, maka karbondioksida akan dikeluarkan melalui paru-paru, dan kemudian hidung, saat Anda menghembuskan nafas.

2. Kulit

Setidaknya terdapat 2 sampai 4 juta kelenjar keringat yang ada pada kulit manusia. Paling banyak, kelenjar ini terdapat di bagian telapak tangan, kaki, wajah, dan ketiak. Kelenjar ekrin merupakan kelenjar yang terhubung langsung dengan permukaan kulit dan menghasilkan keringat tidak berbau, sedangkan kelenjar apokrin menghasilkan keringat yang mengandung lemak pekat dan terdapat di folikel rambut.

Kelenjar keringat ini kemudian juga menjalankan fungsi sistem ekskresi pada manusia, karena membantu membuang keringat yang berupa racun di dalam tubuh. Kelenjar ini juga memiliki fungsi lain, seperti membuang bakteri dan mengendalikan suhu tubuh.

3. Hati

Sistem ekskresi berikutnya adalah hati. Memiliki peran penting dalam pengolahan racun atau detoksifikasi, banyak sekali zat beracun yang dibuang dan diolah oleh hati. Paling masif tentu adalah amonia, yang merupakan zat sisa penguraian protein.


Halaman :