News

5 Kondisi Gangguan Kesehatan Yang Wajib Diwaspadai Ibu Hamil

 Kamis, 07 April 2022, 18:25 WITA

beritabali.com/ist/suara.com/5 Kondisi Gangguan Kesehatan Yang Wajib Diwaspadai Ibu Hamil

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Puasa selama bulan Ramadan tidak menjadi wajib bagi ibu hamil (bumil). Tetapi, apabila kondisi ibu dan janin dinyatakan sehat oleh dokter, bumil diperbolehkan untuk berpuasa. 

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan rumah sakit Pondok Indah Bintaro Jaya dr. Zeissa Rectifa Wismayanti, Sp.OG. mengatakan, bumil perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan kesehatannya aman selana berpuasa.

"Supaya dapat dilakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh," ujarnya dalam siaran pers.

Ada beberapa kondisi kesehatan yang perlu diwaspadai bumil selama menjalankan puasa. Apabila bumil mengalami gangguan kesehatan berikut, dokter Zeissa menyarankan agar tidak melanjutkan puasa. 

1. Hyperemesis gravidarum 

Kondisi itu ditandai dengan mual muntah berlebih pada kehamilan. Periode awal kehamilan menjadi masa sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin, karena di periode itu organ janin mulai terbentuk. Ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan nutrisi dengan baik guna menunjang tumbuh kembang janin. 

Pada usia kehamilan awal ini juga banyak ibu hamil yang mengalami morning sickness atau hyperemesis gravidarum (mual muntah berlebihan). Apabila mengalami hal itu, ibu hamil tidak dianjurkan untuk berpuasa.

2. Memiliki kadar hemoglobin yang rendah

Kadar hemoglobin yang rendah menunjukkan adanya risiko terjadinya anemia.


Halaman :