News

4 Makanan Untuk Mencegah Kanker Usus

 Minggu, 22 Mei 2022, 17:00 WITA

beritabali.com/ist/suara.com/4 Makanan Untuk Mencegah Kanker Usus

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Mantan Juru Bicara Satgas Covid-19, Achmad Yurianto, meninggal dunia pada Sabtu (21/5/2022). Sebelum meninggal, Achmad Yurianto sempat mengalami kanker usus dan stroke. "Benar (Achmad Yurianto meninggal dunia)," terang Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Widyawati.

Kanker usus merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak membunuh pria maupun wanita. Namun, banyak orang yang kurang waspada terhadap bahayanya.

Padahal, penyakit ini dapat dicegah dan dapat diobati ketika ditemukan sejak dini. Menjaga pola makan merupakan salah satu bentuk pencegahan kanker usus. 

Nutrisi dari makanan berperan besar dalam melindungi kesehatan usus. Menurut laman resmi Kementrian Kesehatan RI, berikut empat makanan yang bisa mencegah kanker usus:

1. Jahe

Rempah, terutama jahe, memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan yang berguna untuk membunuh sel kanker dalam tubuh.

Selain jahe, rempah yang memiliki sifat serupa adalah kunyit, bawang putih, bawang merah, serta oregano.

2. Yogurt

Kandungan probiotik di dalam yogurt dapat merangsang usus dan menjadi sumber bakteri baik yang fungsinya untuk menjaga flora usus tetap sehat dan seimbang.


Halaman :