Banner Image
Banner Image

Ekbis

3 Pasar di Tabanan Akan Gunakan E-Retribusi

 Selasa, 01 Desember 2020, 16:50 WITA

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Tabanan. 

Tiga pasar di Kabupaten Tabanan dirancang akan menerapkan e-retribusi pasar. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tabanan bersama dengan bank penyedia sudah melakukan sosialisasi. 

Tiga pasar yang rencananya akan menerapkan e-retribusi adalah Pasar Kediri Kecamatan Kediri, Pasar Sayur, dan Pasar Candikuning Kecamatan Baturiti. 

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tabanan Ni Wayan Primayani menjelaskan, tiga pasar yang rencananya diterapkan e-retribusi telah siap. 

"Tiga pasar ini sudah siap, penerapan e-retribusi di pasar lain akan menyusul," ujarnya Senin (30/11). 

Untuk saat ini persiapan penerapan e-retribusi telah melakukan sosialisasi dan implementasi kepada pedagang. Tujuanya agar pedagang tidak kaget ketika e-retribusi diterapkan. 

"Jadi masih di tahap persiapan dan menggelar pelatihan kepada para petugas mulai dari para agen, petugas pungut, supervisi dan operator," tegasnya. 

Menurutnya, jika e-retribusi telah siap, petugas pungut akan mendatangi satu-per satu pedagang. Nantinya petugas pungut ini hanya menscan kartu atau barcode yang telah diterbitkan oleh pihak bank penyedia layanan yang sebelumnya telah melakukan pendataan terhadap pedagang. 

Lalu, pedagang akan memasukan PIN untuk kemudian di debet melalui rekening milik pedagang yang dipegang oleh agen dengan disertai bukti print out transaksi, baru kemudian dana tersebut masuk ke kas daerah. 

"Pendataan pedagang memang belum 100 persen, nanti berproses," tandasnya. 

Disinggung kapan rencananya e-retribusi diberlakukan, Primayani belum bisa memberikan waktu pasti. 

Penulis : bbn/tab






Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Tabanan 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending