Puluhan Umat Hindu di Inggris Rayakan Kuningan Saat Musim Panas

Minggu, 04 Agustus 2019 | 09:00 WITA

Puluhan Umat Hindu di Inggris Rayakan Kuningan Saat Musim Panas

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Inggris. Sebanyak 50 orang umat Hindu di Inggris berkumpul dan melaksanakan persembahyangan bersama menyambut hari raya Kuningan pada Sabtu (3/08/2019). 
 

Perayaan Kuningan yang berlangsung sangat akrab dan penuh suka cita tersebut bertempat di Apollo Hotel, Kota Birmingham. Mereka yang hadir datang hampir dari seluruh penjuru Inggris Raya seperti Manchester, London, Newcastle, Bristol, Liverpool dan beberapa kota lainnya di Inggris Raya.
 
Deretan beberapa pajegan khas Bali lengkap dengan sarana persembahyangan lainnya serta sajian kuliner khas Bali seperti lawar, sate, sambal serta kudapan Bali menambah semarak perayaan hari raya Kuningan yang berlangsung hingga sore hari tersebut.
 
 
Rangkaian acara diawali dengan Puja Tri Sandya yang dipimpin oleh Putu Sudiana, seorang mahasiswa program doktoral di University of Newcastle. 
 
Kegiatan dilanjutkan dengan Panca Sembah dan Kidung Wargasari Turun Tirta. Usai upacara persembahyangan, acara dilanjutkan dengan persembahan tarian Rejang.
 
Pelaksanaan persembahyangan kali ini jatuh saat musim panas di Inggris Raya. Tepat satu minggu sebelumnya, Inggris turut dilanda gelombang panas dan bahkan mencetak rekor suhu tertinggi sepanjang masa. 
 
"Kami tiba pagi hari di Birmingham setelah menempuh 7 jam perjalanan dengan bus dari Newcastle," ujar salah seorang warga yang hadir bersama keluarganya. 
 
 
“Yang menyatukan kami sesungguhnya adalah kerinduan dan rasa cinta kami pada Bali.” Ucap Dastrini Sessions yang juga akrab disapa sebagai Mbo Rini. 
 
Rini bersama beberapa warga lainnya terus berupaya agar acara serupa bisa rutin dilaksanakan. Bagi warga perantau, dirasakan bahwa tantangan untuk memulai kegiatan semacam ini cukup besar, terlebih semua dilakukan dengan swadaya warga. 
 
"Namun semua rasa lelah terasa hilang melihat kita semua bergembira berkumpul saat hari raya seperti ini," ucapnya.
 
Kegiatan persembahyangan Kuningan di Inggris Raya ini telah dilakukan sejak tahun 2016 dan merupakan inisiatif dari Banjar Bali ring United Kingdom di Inggris Raya. Sejak saat itu, acara perayaan Kuningan di Inggris rutin dilaksanakan setiap 6 bulan sekali. Pada perayaan kali ini seluruh warga yang hadir juga bersepakat untuk menjadikan Ketut Artawan Pande dan A.A.Gde Kembara Eka Susila menjadi Ketua dan Wakil ketua. 
 
Wayan Gunawan, yang juga merupakan salah satu pemrakarsa Banjar Bali ring United Kingdom, mengungkapkan bahwa acara seperti ini cukup penting untuk dilaksanakan secara rutin. 
 
“Saya berkeinginan agar acara ini bisa merangkul lebih banyak lagi orang Bali dan mereka yang memiliki kedekatan dengan Bali untuk bisa turut hadir dan berjumpa dengan banyak warga Bali di perantauan yang jauh ini. Hal ini harus menjadi tanggung jawab bersama, sebab rasa persaudaraan dan semangat menyama braya ini merupakan karakter dari orang Bali.” Ujar pria yang telah lebih dari dua puluh tahun menetap di Inggris ini.
 
Lain halnya dengan I Made Sena Darmasetiyawan, mahasiswa asal Bali yang baru tiga bulan tinggal di Inggris untuk menempuh program doktoral di University of Liverpool ini mengungkapkan kegembiraannya bisa merayakan Kuningan bersama. 
 
"Ini adalah kali pertama saya turut hadir. Sangat senang bisa berkumpul dan berkenalan dengan banyak warga Bali disini," akunya. (bbn/rls/rob)


Minggu, 04 Agustus 2019 | 09:00 WITA


TAGS: Perayaan Kuningan Umat Hindu Inggris



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: