Membanggakan, 3 Tahun Berturut Paskibraka Jembrana Lolos Tingkat Nasional

Senin, 22 Juli 2019 | 17:00 WITA

Membanggakan, 3 Tahun Berturut Paskibraka Jembrana Lolos Tingkat Nasional

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Jembrana. Prestasi membanggakan kembali ditorehkan remaja asal Jembrana di kancah nasional. I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata (16) asal Desa Yehembang Kangin Mendoyo ini berhasil lolos dalam seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional. 
 

Rencananya Putra kedua dari pasangan I Gusti Agung Komang Sunarta, pemangku Pura Taman Beji Dhang Kahyangan Rambut Siwi dengan Luh Putu Sunadi, bidan UPT Puskesmas I Pekutatan, pada 26 juli nanti, akan bergabung bersama rekan-rekannya mengikuti pemusatan latihan.
 
Jelang berangkat mengikuti pemusatan latihan, Sanggra Wira juga sempat bertemu dengan Bupati Jembrana I Putu Artha serta Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan, senin ( 22/7).
 
Ia mengaku tidak dapat mengungkapkan rasa gembiranya usai dinyatakan terpilih. Ia mengaku menjadi Paskibraka adalah idamannya sejak kecil. Di sekolah, Adhinata juga aktif dalam berbagai kegiatan sekolah. Ia aktif dalam kegiatan TUB (tata upacara bendera)  dan LKBB ( lomba keterampilan baris berbaris ). Selain itu  prestasi akademiknya cukup menonjol dengan meraih gelar juara umum dua di sekolah.
 
Sedari awal, pada bulan april, Ia diharuskan mengikuti seleksi di tingkat kabupaten dan lolos ke provinsi untuk berikutnya maju ke tingkat nasional. Seleksinya juga cukup berat karena mesti menajalani tes fisik ketat, kesehatan dan psikologi. Sedangkan di hari kedua tes wawancara, pengetahuan umum, seni budaya, dan kemampuan baris berbaris.
 
Remaja yang bercita-cita menjadi Akpol ini mengaku awalnya sempat 'down', karena peserta yang lain kemampuannya bagus semua. Namun berkat dorongan motivasi , dukungan orang tua yang begitu besar, hal itu bisa dilewati hingga dinyatakan lolos. 
“Peran orang tua sangat besar berkat motivasi dan dukungannya selama ini. Motivasi itu yang saya bawa agar tidak mengecewakan dengan menjalani segala tahapan sungguh-sungguh,“ ujar Sanggra.
 
Nantinya di Jakarta , siswa SMAN 1 Mendoyo kelas 11 ini,  berharap dapat  dipilih sebagai pasukan pengibar bendera pusaka. “Saya ingin mengharumkan nama Jembrana serta membayar tuntas dukungan serta kepercayaan yang diberikan keluarga maupun pemerintah daerah. Saya akan berusaha maksimal dengan memberikan yang terbaik,” katanya.
 
Sementara Wabup Jembrana I Made Kembang Hartawan mengaku sangat berbangga atas raihan prestasi putra Jembrana, terlebih lolos ke tingkat nasional sebagai Paskibraka sudah ketiga kalinya berturut-turut. Kembang mengatakan para anggota Paskibraka ini adalah siswa-siswi pilihan yang diberikan kepercayaan mengemban tugas mulia sebagai pasukan pengibar bendera dalam upacara kenegaraan. 
 
“Tentu ini kesempatan langka dan tidak boleh disia-siakan. Jaga nama baik daerah dengan berjuang keras memberikan terbaik,“ kata Kembang.
 

Selain mengucapkan selamat dan sukses, tak luput Kembang juga berpesan kepada Sanggra serta anak muda Jembrana lainnya agar mempergunakan masa muda dengan bijak. Pergunakan masa muda dengan baik dan jangan mudah terpengaruh dengan hal-hal yang negatif. 
 
"Sumbangkan apapun yang kamu bisa, di bidang apapun, untuk meraih prestasi serta mengharumkan nama daerah dan keluarga,“ tandas Kembang. 
 
Ia juga berharap prestasi dari anak-anak muda seperti Sanggra mampu diteladani oleh remaja Jembrana lainnya. (bbn/Jim/rob)


Senin, 22 Juli 2019 | 17:00 WITA


TAGS: Paskibrana Nasional Putra Jembrana



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: