Wirausaha Muda Jepang Tawarkan Kerjasama pada Wirausaha Muda Bali

Rabu, 05 Juni 2019 | 11:36 WITA

Wirausaha Muda Jepang Tawarkan Kerjasama pada Wirausaha Muda Bali

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Wirausaha Muda Jepang yang tergabung dalam Junior Chamber International District Kinki Jepang menawarkan kerjasama kepada wirausaha muda Junior Chamber International (JCI) Daerah Bali. 
 

“Salah satunya adalah kerjasama program magang ataupun tenaga kerja asal Bali yang bekerja ke Jepang siap difasilitasi,” tegas Ketua Junior Chamber District Kinki Jepang Matsuda Kuni saat gala dinner di Hotel Inna Heritage Selasa (4/6) malam. 
 
Sebanyak 150 delegasi wirausaha muda Jepang peserta Global Training School di Bali dijamu Pemerintah Kota Denpasar bersama kalangan wirausaha muda Bali. 
 
 
Lebih lanjut Matsuda San menyampaikan bahwa di Jepang terdapat 94 chamber dengan 5000 anggota yang tergabung dalam sebuah aplikasi. “Melalui aplikasi tersebut ke-5000 anggota tersebut bergabung dan berdiskusi tentang berbagai hal yang tujuannya memajukan bisnis dan usaha mereka,” ujar Matsuda Kuni. 
 
Karena diskusi menjadi awal dari kerjasama bisnis yang saling menguntungkan. Pihaknya berharap kalangan wirausaha muda Bali dapat meniru langkah sukses tersebut. Matsuda juga mengapresiasi sambutan hangat Pemerintah Kota Denpasar serta jajaran wirausaha muda Bali. Dijelaskannya bahwa sebagian anggota bergerak dalam bidang properti, konstruksi, edukasi dan lainnya. 
 
Dalam program Global Training School ini para wirausaha muda Jepang diajak berkunjung ke Nusa Lembongan dan green school. “Di Nusa Lembongan kami berdiskusi dan mengajar di SMA setempat,”jelas Matsuda. 
 
 
Dalam kegiatan tersebut delegasi GTS mengajarkan tentang kewirausahaan dan mencari solusi untuk menangani masalah sampah plastik di perairan Lembongan yang terkenal indah. Hari kedua rombongannya mengunjungi salah satu green school di Bali. 
 
“Setelah dua kunjungan tersebut kami akan memberkan rekomendasi solusi terbaik penanganan masalah sampah plastik di Bali agar tidak mengganggu pariwisata Bali,” jelasnya.
 

Walikota Denpasar yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Drs Wayan Gunawan menyambut baik kunjungan delegasi JCI Kinki District Jepang tersebut. Pihaknya berharap kerjasama antara wirausaha muda Jepang dan Bali dapat terwujud. “JCI sebagai lembaga independen internasional diharapkan mampu memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan perekonomian kreatif di Kota Denpasar,” tegas Walikota Denpasar dalam sambutan tertulisnya. Melalui kegiatan ini Pemerintah Kota Denpasar berharap akan terbuka peluang usaha dan menjadi jembatan kerjasama berbagai investasi pemerintah maupun bisnis.  
 
Kegiatan GTS ini merupakan kunjungan kedua kalinya setelah di tahun 2007 juga melakukan hal yang sama. Dalam kegiatan GTS ini JCI Jepang menyasar negara-negara Asia seperti Vietnam, Bangladesh, Laos dan lainnya. JCI Bali pun sempat berkunjunga ke Jepang sebagai kunjungan balasan. (bbn/rls/rob)


Rabu, 05 Juni 2019 | 11:36 WITA


TAGS: JCI Wirausaha Muda Jepang Bali



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: