Bersaing dengan Ritel Modern, Koperasi Perlu SDM Mumpuni

Senin, 22 April 2019 | 18:00 WITA

Bersaing dengan Ritel Modern, Koperasi Perlu SDM Mumpuni

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Klungkung. Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung Gede Putu Winastra menyampaikan, upaya dalam mengembangkan dan membesarkan lembaga koperasi sebagai satu satunya wadah ekonomi berbasis kerakyatan yang masih bertahan di tengah menjamurnya berbagai jenis usaha ritel modern. 
 

Maka dari itu pihaknya berharap Dekopinda mampu meningkatkan perkembangan koperasi dan UKM di Kabupaten Klungkung serta meningkatkan kualitas koperasi dan sumber daya manusia (SDM) anggota koperasi.
 
“Untuk bersaing dengan para pelaku usaha ritel modern tentu dibutuhkan kualitas SDM yang mumpuni dari pengurus dan anggota koperasi seta dapat melahirkan suatu spirit yang mampu menggerakan wirausaha di Kabupaten Klungkung,” ujarnya saat membacakan sambutan Bupati Klungkung ketika Jajaran pengurus dan anggota Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Klungkung menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2019. Bertempat di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Senin (22/4).
 
Kegiatan tersebut dibuka Sekrataris Daerah Kabupaten Klungkung Gede Putu Winastra, mewakili Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopiwil) Provinsi Bali, I Dewa Nyoman Patra, Kepala Dinas Koprasi, Usaha Kecil dan Manengah dan Perdagangan Kabupaten Klungkung Wayan Ardiana, Ketua Dekopinda Klungkung Ngakan Made Nata serta pengurus Koprasi di Kabupaten Klungkung.
 
Wakil Ketua Dekopinwil Provinsi Bali I Dewa Nyoman Patra, mengatakan momentum ini, hendaknya dimanfaatkan oleh para pengurus Dekopinda untuk memajukan perkoperasian di Kabupaten Klungkung, termasuk melakukan evaluasi-evaluasi program tahun lalu untuk dijadikan pelajaran pelaksanaan program yang akan datang. Sehingga perkoperasian semakin maju dan berkembang. 
 

“Melalui Rakerda ini, diharapkan mampu menyusun rencana kerja yang terarah dan terencana. Tepat waktu, tepat saran, manfaat, dan tepat yang lainnya,” Ujar Dewa Nyoman Patra.
 
Sementara itu, ketua panitia I Gede Surya Atmaja dalam laporanya mengatakan, Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2019 mengambil tema "Melalui Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekopinda Kabupaten Klungkung Kita Sukseskan Pembangunan Koperasi dengan Revitalisasi Keanggotaan Dekopinda serta Bangkitan Ekonomi Kerakyatan Melalui Koperasi" Rakerda tahun ini mengundang 120 gerakan koperasi yang ada di Kabupaten klungkung. 
 
Diharapkan pembangunan koperasi lebih optimal dalam iklim persaingan dalam meningkatkan kiprah Koperasi dalam membangun ekonomi masyarakat dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) anggota koperasi agar dapat bersaing dengan lembaga ekonomi lainnya. (bbn/humasklungkung/rob) 


Senin, 22 April 2019 | 18:00 WITA


TAGS: Koperasi Ritel Modern SDM



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: