Devy Kamil: Jangan Iseng Mendaki, Gunung Agung Tak Perlu Banyak Gempa Untuk Erupsi

Jumat, 12 April 2019 | 20:00 WITA

Devy Kamil: Jangan Iseng Mendaki, Gunung Agung Tak Perlu Banyak Gempa Untuk Erupsi

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Karangasem. Erupsi Gunung Agung yang terjadi pada Kamis (11/04/2019) tidak hanya disertai dengan suara gemuruh yang terdengar hingga di radius 12 km, di bagian puncak kawah Gunung Agung juga sempat teramati mengeluarkan cahaya glow saat terjadinya erupsi.
 

Menurut Kasubid Gunung Api Wilayah Timur, Dr. Devy Kamil Syahbana saat dihubungi media ini menjelaskan bahwa erupsi Gunung Agung yang terjadi petang ini berjenis erupsi Strombolian. “Erupsi yang terjadi ini berjenis Erupsi Strombolian,” kata Devy Kamil Syahbana saat dihubungi media ini.
 
Seperti dijelaskan sebelumnya, Erupsi Strambolian ini merupakan erupsi disertai lontaran batu pijar dari dalam kawah akibat adanya tekanan dari bahwah, selain lontaran, sifat magma yang keluar juga lebih cair sehingga potensi terjadinya lontaran batu pijar lebih mudah terjadi.
 
Dijelaskan Devy Kamil Syahbana, Erupsi Strombolian yang terjadi beberapa waktu belakangan ini, menandakan bahwa saat ini aktivitas magmatik Gunung Agung masih 'hidup' dan kondisinya berada dalam sistem terbuka. 
 

“Tidak perlu gempa yang banyak lagi untuk erupsi karena fluida magma naik relatif tanpa hambatan yang berarti,” ungkapnya.
 
Erupsi akan terjadi ketika terjadi kelebihan tekanan (over pressure) akibat fluida magma yang bergerak naik. Dalam kondisi seperti ini, masyarakat dihimbau tidak iseng naik ke puncak Gunung Agung jika hanya mengunakan analisa dari sisi gempa sedikit dan berpikir tidak akan erupsi.
 
Jangkauan erupsi sampai saat ini masih berada didalam radius 4 kilometer. Dengan demikian masyarakat yang tinggal di luar radius bahaya tersebut tetap bisa beraktivitas seperti biasa meski demikian, Devy Kamil berharap agar masyarakat selalu menyiapkan masker apabila terjadi hujan abu. (bbn/igs/rob)


Jumat, 12 April 2019 | 20:00 WITA


TAGS: Devi Kamil Iseng Mendaki Erupsi Gunung Agung



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: