Sebanyak 66,7% Wisman Menyatakan Sangat Suka Rasa Makanan Tradisional Bali

Kamis, 11 April 2019 | 06:35 WITA

Sebanyak 66,7% Wisman Menyatakan Sangat Suka Rasa Makanan Tradisional Bali

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Gianyar. Sebanyak 66,7% Wisatawan mancanegara (Wisman) menyatakan sangat suka terhadap rasa makanan tradisional Bali. Selain itu, 33,3% menyatakan suka dan tidak ada wisman atau wisatawan asing yang menyatakan tidak suka terhadap makanan tradisional Bali.


Data tersebut terungkap dalam hasil penelitian yang disajikan dalam artikel berjudul “Tingkat Penerimaan Wisatawan Asing Terhadap Makanan Tradisional Bali” yang dipublikasikan dalam Jurnal Ilmu Gizi, Volume 6 nomor 1 tahun 2015. Artikel ditulis oleh Putu Velyniawati, Ni Made Dewantari, dan I Made Suarjana dari Jurusan Gizi Poltekkes Denpasar.

Artikel disajikan oleh para penulis setelah melakukan penelitian penelitian observasional dengan rancangan cross sectional di tiga restoran makanan tradisional Bali di daerah Ubud, Gianyar yaitu Restoran Bendega, Bumbu Bali dan Warung Babi Guling Ibu Oka. Dimana makanan tradisional Bali yang disajikan ketiga restoran mulai dari bebek betutu, ayam betutu sate lilit ayam, sate babi, pepes ikan bumbu Bali hingga babi guling.


Putu Velyniawati menuliskan kesukaan terhadap makanan didasari oleh sensorik, sosial, psikologi, agama, emosi, budaya, kesehatan, ekonomi, cara persiapan dan pemasakan makanan, serta faktor-faktor terkait lainnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi penerimaan berdasarkan rasa adalah citarasa bumbu makanan tradisional Bali yang disajikan di restoran bernuansa pedas (spicy).

Berdasarkan asal negara sebagian besar yang menyatakan sangat suka terhadap rasa makanan tradisional Bali yaitu berasal dari Asia (China, Hongkong, Singapora, dan India). Beberapa faktor yang mempengaruhi daya terima seseorang terhadap makanan yang disajikan adalah faktor internal yaitu kondisi psikis seseorang salah satunya adalah kebiasaan makan.

Terkait tingkat penerimaan wisatawan asing terhadap warna makanan tradisional Bali menunjukkan sebanyak 53,3% menyatakan sangat suka pada warna makanan tradisional Bali dan 46,7% menyatakan suka. Sedangkan tingkat penerimaan wisatawan asing terhadap porsi makanan tradisional Bali menunjukkan sebagian besar wisatawan atau 95,0% menyatakan porsi makanan tradisional Bali yang disajikan adalah cukup dan 5% menyatakan lebih. Dimana wisatawan yang menyatakan porsi lebih adalah wisatawan perempuan. [bbn/Jurnal Ilmu Gizi/mul]


Kamis, 11 April 2019 | 06:35 WITA


TAGS: rasa Masakan Bali Disukai Wisman



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: