15.216 Orang Peserta Tercatat Ikut SBMPTN Universitas Udayana

Rabu, 10 April 2019 | 22:00 WITA

15.216 Orang Peserta Tercatat Ikut SBMPTN Universitas Udayana

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Total jumlah peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Udayanan tahun 2019 sebanyak 15.216 orang. Dari keseluruhan peserta ini, akan terbagi 37 ruang yang telah disediakan dengan jumlah sekitar 1.000 komputer. 
 

"Untuk UTBK ini, dari sarana prasarana tempatnya sudah siap. Dikatakan, untuk pelaksanaan UTBK-SBMPTN Unud. Mereka akan tersebar baik di universitas Udayana kampus ISI maupun politeknik Negeri Bali. Total jumlah peserta sebanyak 15.216 orang," jelas  Rektor Unud, Prof. Dr.dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K), Rabu (10/11) di Jimbaran, Badung.
 
Dilanjutkan, sementara, dari jaringan yang dipakai nantinya juga di-backup oleh PLN untuk kelistrikan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pemadaman listrik pada saat berlangsungnya UTBK. 
 
"Nantinya juga di-backup oleh PLN untuk kelistrikan. Jika seandainya, dalam berlangsungnya UTBK ada pemadaman," ujarnya.
 
Disampaikan, pihaknya menargetkan sebanyak 6.124 orang mahasiswa baru untuk mengisi 46 program studi S1. Jika dilihat, menurut peraturan menteri No 60 tahun 2019, jalur masuknya mahasiswa baru untuk perguruan tinggi negeri itu terbagi menjadi 3. Pertama SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri.  
 
"Untuk di Unud, jalur SNMPTN jumlah pendaftar sebanyak 13.652 dan jumlah yang lulus sebanyak 1.644 orang. Mereka yang sudah lulus tersebut saat ini posisinya sedang menunggu untuk mendaftar kembali yang akan kita lakukan secara maraton tanggal 12, 21 dan 22 April 2019," paparnya.
 
Dikatakan, untuk yang lulus SBMPTN kata Antara, di sistim sudah tidak memungkinkan lagi mereka membatalkan lulusannya dan ikut di SBMPTN. Karena NISN nya seorang siswa yang lulus ini sudah dikunci oleh sistem sehingga dia tidak bisa membatalkan dan ikut lagi di SBMPTN. 
 

"Ini penting sekali disampaikan kepada masyarakat jangan sampai nanti yang sudah lulus, tetapi tidak dapat kembali hanya gara-gara tidak puas dengan pilihannya yang ingin mencari prodi baru melalui jalur SBMPTN. Itu sudah tidak memungkinkan lagi," ucapnya.
 
Sementara dirinya menambahkan, untuk jadwal SBMPTN dengan UTBK pendaftaran peserta didik dalam rangka SBMPTN itu sudah tutup tanggal 1 April. Yang sudah mendaftar, selanjutnya akan mengikuti UTBK yang dilakukan setiap Sabtu dan Minggu. UTBK ini akan ada 20 sesi. 
 
"Sesi satu akan dimulai pada 13 April, sesi 2 akan dilakukan tanggal 26 Mei 2019. Untuk hasil UTBK, masing-masing peserta hanya memerlukan 10 hari sejak dia ujian untuk mengetahui skornya. Nanti selanjutnya skor ini akan dipakai untuk mendaftar seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri SBMPTN yang akan dibuka pendaftarannya 10 sampai 24 Juni 2019," pungkasnya. (bbn/aga/rob)


Rabu, 10 April 2019 | 22:00 WITA


TAGS: SMBPTN Unud Peserta



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: