KoDe Bali Sesalkan Sikap Rumah Bali Terkait Rekomendasi Calon DPD RI

Minggu, 07 April 2019 | 11:00 WITA

KoDe Bali Sesalkan Sikap Rumah Bali Terkait Rekomendasi Calon DPD RI

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Buleleng. Komite Demokrasi (KoDe) Bali menyesalkan sikap Aliansi Organisasi Krama Hindu Bali (Rumah Bali) yang merekomendasikan 5 orang calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI untuk mewakili Bali di Senayan pada Pemilu 2019. 
 

Rekomendasi Rumah Bali dinilai bertentangan dengan semangat demokrasi. "Proses pencalonan DPD sudah memberikan hak bagi masyarakat utk mencalonkan diri. Mestinya organisasi kemasyarakatan sebagai  organisasi publik lebih bisa menyampaikan secara utuh dan merata informasi seluruh calon DPD sehingga masyarakat mendapatkan pendidikan yang lebih baik dalam menentukan pilihan dan memberi peluang kepada semua calon DPD secara adil" kata Ketua KoDe Bali Gede Suardana saat dikonfirmasi di Buleleng pada Minggu (7/4). 
 
Mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng tersebut mengingatkan bahwa demokrasi itu memberikan kebebasan kepada semua pemilih untuk menentukan pilihannya, bukan atas kehendak sekelompok masyarakat. "One person one vote one value," ujar pria tiga putri tersebut.
 
Suardana menyampaikan sesuai dengan sistem pemilu yang proporsional terbuka maka setiap pemilih memiliki kedaulatannya untuk menentukan pilihannya secara bertanggungjawab dan rahasia. Esensinya adalah mengembalikan demokrasi kepada masyarakat sebagai pemilih.
 
Sebelumnya Aliansi Organisasi Krama Hindu Bali (Rumah Bali) merekomendasikan 5 orang calon DPD RI untuk mewakili Bali di Senayan pada Pemilu 2019.  Calon DPD yang direkomendasikan adalah A.A. Gde Agung, Made Mangku Pastika, I Gusti Ngurah Harta, Arya Wedakarna dan Dewa Made Suamba Negara.[bbn/mul]


Minggu, 07 April 2019 | 11:00 WITA


TAGS: Rekomendasi DPD RI Rumah Bali KoDe Bali



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: