Pemkab Jembrana Gelontorkan dana Rp.53 Milyar Demi Wujudkan Layanan Kesehatan Paripurna

Minggu, 20 Januari 2019 | 21:50 WITA

Pemkab Jembrana Gelontorkan dana Rp.53 Milyar Demi Wujudkan Layanan Kesehatan Paripurna

beritabali.com/jim

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Jembrana. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana menggelontorkan dana Rp.53 Milyar lebih sebagai upaya untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang paripurna bagi masyarakat Jembrana. Dana tersebut nantinya akan digunakan mengcover seluruh warga Jembrana di luar peserta JKN Mandiri yang belum memiliki Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS), sebagai peserta BPJS Kesehatan kelas III.


“Saya berharap warga yang belum kebagian kartu harap segera melapor untuk didata, selain itu Kades hingga Kaling aktif mendata warga yang belum mendapatkan KIS. Kades dan kaling sesegera mungkin mendistribusikan kartu tersebut karena kartu tersebut sangatlah berharga bagi warga yang membutuhkan” ujar Wakil Bupati Jembrana Made Kembang Hartawan saat membagikan secara simbolis KIS kepada warga Badingkayu Pengeragoan dan Desa Gumbrih pada Sabtu (19/1).

Kepada warga, Kembang mengatakan bahwa dengan mengcover biaya JKN KIS merupakan suatu bentuk kepedulian dan perhatian kepada warga masyarakat yang membutuhkan pengobatan gratis. Kembang berharap, kartu tersebut dimanfaatkan sebaik baiknya.

“Jangan disimpan, namun manfaatkan juga untuk sebagai fasilitas dalam mencegah sakit. Jangan sampai, begitu sakit parah baru di bawa ke rumah sakit atau puskesmas. Begitu muncul gejalanya saja langsung di periksakan dan nantinya bagi pengguna kartu tersebut jika mendapat rawat inap, berhak dirawat di kamar kelas 3 sekarang di RSU Negara kamarnya sedang di upgrade untuk pelayanan maksimal” jelas Kembang Hartawan.


Dari data yang di peroleh, untuk Pengeragoan sendiri terdapat 2437 orang warga yang menerima JKN KIS dan di Desa Gumbrih sebanyak 813 dari total 12.805 orang warga yang ada di seluruh Kecamatan Pekutatan. Sedangkan seluruh Jembrana ada 166.607 warga yang dicover Pemkab Jembrana, dengan rincian 91.703 merupakan peserta baru, 4828 orang merupakan peralihan dari peserta JKN KIS kelas dua ke kelas tiga, dan 3000 bayi yang di cover sehingga total menjadi 98.983. Sedangkan sisanya sebanyak 72.531 sudah di cover Pemkab Jembrana sejak 2014

Selain di Pengeragoan dan Gumbrih, di hari yang sama Wabup Kembang juga membagikan kartu tersebut di Desa Pekutatan, Desa Pangyangan, Desa Medewi dan Kantor Desa Yehembang Kangin. Turut hadir dalam pembagian kartu tersebut, Anggota DPRD Jembrana Nyoman Sudiasa, Kepala Kantor Layanan Operasional BPJS Kesehatan Kabupaten Jembrana Ni Luh Mastami, Camat I Komang Dhiyatmika.[bbn/jim/humasjembrana/mul]


Minggu, 20 Januari 2019 | 21:50 WITA


TAGS: JKN KIS Jembrana



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: