Artha Dipa Matangkan Persiapan Jelang Panca Wali Krama Pura Lempuyang Luhur

Kamis, 03 Januari 2019 | 21:00 WITA

Artha Dipa Matangkan Persiapan Jelang Panca Wali Krama Pura Lempuyang Luhur

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com,Karangasem. Dalam rangka mempersiapkan segala sesuatu mendekati Rangkaian Upacara Panca Wali Krama di Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur, Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa memimpin rapat terkait persiapan bersama para panitia upacara yang berlangsung di Desa Adat Purwayu, Desa Tribuana, Kecamatan Abang, Karangasem, Kamis (03/01).
 

Rapat tersebut dihadiri Jero mangku, pengayah beserta segenap panitia, Ketua Majelis Kecamatan se Karangasem, Bendesa se-Kec. Abang, Forum Perbekel dan Kepala Desa se-Kec. Abang, Forum Pimpinan Kecamatan, Forkopimda, Forum Muspika, Kepala OPD yang tergabung dalam kepanitiaan. 
 
Menurut Artha Dipa, rapat ini dilaksanakan untuk memastikan tugas-tugas seksi pada acara Panca Wali Krama yang akan berlangsung pada tanggal 20 Januari 2019 mendatang dimana odalan puncaknya nanti akan diawali dengan upacara Segara Kertih pada 11 Januari 2019.
 
"Dengan waktu yang singkat ini, saya berharap seluruh panitia mematangkan persiapan Upacara Segara Kertih yang diawali dengan upacara mlaspas pada tanggal 6 Januari di Pantai Amed dilanjutkan dengan upacara Mepepada pada tanggal 9 Januari 2018," kata Artha Dipa.
 

Artha Dipa yang juga selaku Ketua Panitia Upacara tersebut juga menyampaikan bahwa dalam upacara Mepepade nantinya akan diempon oleh 7 Desa Adat. Diantaranya Purwakerti, Bunutan, Culik, Tri Buana, Labasari, Tista dan Datah. Panitia upacara juga diminta berkoordinasi dengan Dinas terkait dan tokoh masyarakat yang kiranya ingin ngayah dalam penyiapan jalan lingkar  agar jalan masuk dan jalan keluarnya lebih terorganisir. 
 
Sementara itu, terkait persiapan pihaknya juga melakukan peninjauan bangunan sarana dan prasanara di segara Amed sebelum upacara tersebut berlangsung.
"Kepada seksi upacara agar menyiapkan tanda untuk desa-desa agar mengetahui etape menuju segara Amed serangkaian acara segara kertih," pinta Artha Dipa. (bbn/igs/rob)


Kamis, 03 Januari 2019 | 21:00 WITA


TAGS: Wabup Artha Dipa Panca Wali Krama Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: