Tabanan Target Percepat Penanggulangan Kemiskinan Melalui Pemberdayaan Masyarakat Miskin Berbasis Potensi Lokal

Jumat, 16 November 2018 | 23:30 WITA

Tabanan Target Percepat Penanggulangan Kemiskinan Melalui Pemberdayaan Masyarakat Miskin Berbasis Potensi Lokal

istimewa

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Tabanan. Pemerintah Kabupaten Tabanan menargetkan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat miskin berbasis potensi lokal. Langkah ini dilakukan karena hingga saat ini  persentase penduduk miskin di Kabupaten Tabanan masih diatas rata-rata provinsi. Hal tersebut disampaikan Kepala Bapelitbang Tabanan IB Wiratmaja Rapat Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Tabanan tahun 2018 di Gedung Mandala Mathika Subak Sanggulan Tabanan pada Jumat (16/11)

Sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2017, Tingkat persentase kondisi kemiskinan di Tabanan telah mengalami penurunan 0,08% sehingga menjadi 4,92%, dengan penduduk jumlah miskin 21.660 jiwa. Meskipun dibawah rata-rata nasional (9,82%) namun angka tersebut masih berada di atas rata-rata provinsi (4.14%). 

Menurut Wiratmaja, melalui  pemberdayaan masyarakat miskin berbasis potensi lokal diharapkan jumlah penduduk miskin dapat terus ditekan. “Sehingga diharapkan target pelaksanaan program, kebijakan, anggaran dan regulasi serta pencapaian target daerah dalam penanggulangan kemiskinan dapat tercapai.” ungkapnya. 

Sementara Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa mengungkapkan  penanggulangan kemiskinan memerlukan strategi dan inovasi yang tepat dan berkelanjutan melalui program-program penanggulangan kemiskinan yang selama ini mengacu pada Dokumen Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah /DSPKD tahun 2015-2019. “DSPKD Kabupaten Tabanan tahun 2015-2019 telah memberikan dampak yang cukup siginfikan yakni menurunnya angka kemiskinan. Namun kita membutuhkan strategi dan kerja keras bersama dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Tabanan.” Katanya [bbn/rls tbn/mul]. 


Jumat, 16 November 2018 | 23:30 WITA


TAGS: Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Tabanan



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: