Hingga H+6 Pasca Gempa 7 SR Masih Ada Pengungsi Belum Dapat Bantuan

Sabtu, 11 Agustus 2018 | 14:25 WITA

Hingga H+6 Pasca Gempa 7 SR Masih Ada Pengungsi Belum Dapat Bantuan

BNPB

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, NTB. Tercatat hingga H+6 pasca gempa 7 SR di Nusa Tenggara Barat (NTB) masih terdapat pengungsi yang belum mendapatkan bantuan. Seperti pengungsi di Kecamatan Gangga, Kayangan dan Pemenang. Data tersebut disampaikan Kepala pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam rilis yang diterima redaksi pada Sabtu (11/8)

Menurut Sutopo, permasalahan utama adalah distribusi logistik karena akses jalan menuju lokasi pengungsi rusak. Sebagian besar jalan di Lombok Utara mengalami kerusakan akibat gempa. Maka percepatan distribusi logistik menjadi prioritas saat ini, selain pemenuhan kebutuhan dasar bagi pengungsi.

Sedangkan kerusakan fisik masih sama jumlahnya, yaitu 67.875 unit rumah rusak, 468 sekolah rusak, 6 jembatan rusak, 3 rumah sakit rusak, 10 puskesmas rusak, 15 masjid rusak, 50 unit mushola rusak, dan 20 unit perkantoran rusak. Angka ini juga merupakan angka yang bersifat sementara.

Pendataan dan verifikasi masih dilakukan petugas. Pendataan dan verifikasi rumah diprioritaskan agar terdata jumlah kerusakan rumah dengan nama pemilik dan alamat untuk selanjutnya di-SK-kan Bupati/Walikota dan diserahkan ke BNPB untuk selanjutnya korban menerima bantuan stimulus perbaikan rumah.

Kebutuhan mendesak saat ini adalah tenda, selimut, makanan siap saji, beras, MCK portable, air minum, air bersih, tendon air, mie instan, dan pakaian. Selain itu pengungsi juga membutuhkan terpal, alas tidur, alat penerang/listrik, layanan kesehatan dan trauma healing.[bbn/BNPB/mul]


Sabtu, 11 Agustus 2018 | 14:25 WITA


TAGS: Gempa Lombok Korban Pencarian



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: