40 Kapal Ikan Terbakar, Kerugian Ratusan Miliar Rupiah

Senin, 09 Juli 2018 | 17:05 WITA

40 Kapal Ikan Terbakar, Kerugian Ratusan Miliar Rupiah

beritabalicom foto

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Total jumlah kapal ikan yang terbakar di Pelabuhan Benoa mencapai 40 buah kapal ikan. Sementara Polda Bali masih terus mendalami penyebab kebakaran. 13 orang anak buah kapal atau ABK telah dimintai keterangan.
 
Hingga Senin siang upaya pemadaman kapal ikan yang terbakar terus dilakukan  oleh tim pemadam kebakaran gabungan dari Kota Denpasar dan kabupaten Badung serta dari pihak Pelindo. Api agak susah dipadamkan karena kapal ikan yang terbakar terbuat dari bahan fiber glass dan terdapat bahan bakar solar di dalam kapal yang terbakar.
 
Menurut keterangan pihak berwenang, total ada 40 buah kapal ikan yang terbakar dalam peristwa ini. Selain faktor "human error" atau kesalahan manusia, Polda Bali juga menyoroti semrawutnya area parkir atau sandar kapal ikan di area pelabuhan dermaga barat benoa dan buruknya sistem safety atau keselamatan di area dermaga kapal ikan ini.
 
"Kita berharap kejadian serupa tidak terulang lagi, semua pihak agar ikut bertanggung jawab menjaga keamanan dan keselamatan di area pelabuhan ini. Ini faktor human error, karena kalau tidak begitu, tidak mungkin tiba tiba ada api dan membakar kapal kapal yang ada," ujar Kapolda Bali, Irjen Petrus Golose, Senin siang.
 
Kerugian Capai Ratusan Miliar Rupiah
 
Upaya pemadaman api dalam peristiwa kebakaran puluhan kapal ikan di pelabuhan Benoa berlangung sebelas jam lebih. Kerugian akibat peristiwa ini ditaksir mencapai ratusan miliar rupiah.
 
Setelah melakukan upaya pemadaman selama sebelas jam lebih, akhirnya api yang membakar sekitar 40 buah kapal ikan di dermaga barat pelabuhan Benoa akhirnya bisa dipadamkan. Hampir seluruh kapal yang terbakar rusak parah dan hanya tinggal puing-puing.
 
"Total kerugian yang ditimbulkan ditaksir mencapai ratusan miliar rupiah. Mengingat harga satu buah kapal ikan yang terbakar berkisar 3 miliar rupiah bahkan lebih. Sementara kapal ikan yang terbakar mencapai 40 buah kapal ikan," jelas General Manager PT Pelindo III Cabang Benoa, I Wayan Eka Saputra, Senin siang.
 
Kebakaran puluhan kapal ikan ini terjadi pada senin dini hari sekitar pukul dua. Diduga kebakaran disebabkan oleh arus pendek di salah satu kapal ikan dan kemudian merembet ke puluhan kapal ikan lainnya yang sedang sandar di pelabuhan benoa. 
 
"Kondisi air saat kejadian sedang surut, sehingga kapal kapal yang ada tidak bisa menghindari api yang menjalar. Kita akan lakukan evaluasi bersama pihak terkait agar hal ini tidak terulang lagi dikemudian hari,"ujar Wayan Eka.[bbn/psk]


Senin, 09 Juli 2018 | 17:05 WITA


TAGS: kapal terbakar benoa



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: