Wisatawan Asing di Bali Terpantau Banyak Tinggal di Rumah Kos

Rabu, 04 Juli 2018 | 08:05 WITA

Wisatawan Asing di Bali Terpantau Banyak Tinggal di Rumah Kos

beritabalicom foto

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Badung. Wisatawan asing yang tengah berada di Bali, kini tak hanya tinggal di hotel berbintang atau vila dengan harga sewa kamar per malam yang mahal. Namun banyak wisatawan asing di Bali yang memilih tinggal di rumah kos bulanan dengan harga sewa yang murah.
 
Hal ini diungkapkan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Kabupaten Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara, belum lama ini.
 
"Sudah sering kita pantau, banyak (wisatawan asing) yang tingal di rumah kos. Sudah kita data dan laporkan ke tim pora (pengawasan orang asing)," jelasnya.
 
Dari hasil pendataan, wisatawan asing tersebut banyak yang ngekos di wilayah Kuta, Canggu, Pecatu, dan Jimbaran. 
 
Banyak yang ngekos di rumah-rumah penduduk, tapi biasanya atas nama teman wanitanya. Ada yang tinggal di kos seharga Rp 1,5 juta per bulan. Di Kuta banyak yang tinggal di rumah kos Rp 500 ribuan sebulan. Di Pecatu juga banyak yang ngekos, biasanya bule yang suka surfing, tinggal di kamar kos seharga Rp 800 ribuan an per bulan,"jelasnya.
 
Wilayah Kuta menjadi lokasi favorit bagi wisatawan asing untuk ngekos, karena banyak kamar kos murah seharga Rp 500 ribuan.
 
"Ada kamar kos dengan 10 kamar yang tersedia, 8 kamar dihuni bule. Di Canggu malah ada 1 kamar dihuni 12 orang dengan tarif Rp 70 ribu per malam, kamar mandi bersama, kebanyakan bule, kalau Tiongkok lebih banyak sewa vila, "ujarnya.
 
Terkait fenomena ini, Suryanegara menyatakan akan melakukan upaya penertiban administrasi kependudukan dengan melibatkan tim pora. 
 
"Jika ada temuan (melanggar visa kunjungan) bisa dilaporkan ke imigrasi, tim pora bisa tindak lebih lanjut karena itu merupakan kewenangan tindak di tim pora,"tegasnya. [bbn/psk]


Rabu, 04 Juli 2018 | 08:05 WITA


TAGS: wisatawan asing kos bali



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: