Jaya Negara Hadiri Pemelaspasan Bale Kulkul Desa Pakraman Kesiman

Jumat, 02 Maret 2018 | 11:20 WITA

Jaya Negara Hadiri Pemelaspasan Bale Kulkul Desa Pakraman Kesiman

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com.Denpasar. Plt. Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara menghadiri karya mendem melaspas dan mendem pedagingan Bale Kulkul di Pura Desa dan Puseh Desa Pekraman Kesiman, Kecamatan Denpasar Timur.
 

Pelaksanaan renovasi bale kulkul yang dilaksanakan sejak Tahun 2017 telah rampung secara keseluruhan, maka dari itu krama Desa Pakraman Kesiman melaksanakan karya melaspas dan Mendem Pedagungan Bale Kulkul bertepatan dengan rahina Purnama Kesange, Wrespati Kelawu, Kamis (1/3).  
 
Dalam kesempatan tersebut Plt. Walikota IGN Jaya Negara didampingi Ketua DPRD Kota Denpasar IGusti Ngurah Gede serta Penglingsir Puri Agung Pemayun Kesiman melaksanakan mendem pedagingan yang dilanjutkan dengan pemukulan kulkul pertama.
Jaya Negara mengatakan Kota Denpasar sebagai kota berwawasan budaya tentu denyut kehidupan masyarakatnya tak pernah lepas dari aktivitas adat, seni dan kebudayaan yang kuat. 
 

“Pemelaspasan bale kulkul dan mendem pedagingan ini diharapkan mampu membawa krama desa kedalam kesejahteraan dan kebaikan jasmani maupun rohani agar dapat terus mendukung pembangunan di Kota Denpasar yang kita cintai,” ujarnya.  
 
Sekretaris Bendesa Adat Kesiman, Nyoman Gede Widarsa didampingi Kelian Pemaksan Pura Desa dan Puseh Desa Pakraman Kesiman, Wayan Suastika mengungkapkan rangkaian upacara mendem pedagingan dan melaspas bale kulkul diawali dengan pelaksanaan pasupati kulkul yang dilaksanakan di Puri Agung Pemayun Kesiman dan dilanjutkan dengan mapeed menuju ke Pura Desa dan Puseh Desa Pakraman Kesiman.  
 
“Kami sangat bersyukur kehadapan Ida Shang Hyang Widhi Wasa karena rangkaian upacara ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” ujarnya.(bbn/rlstbn/rob)


Jumat, 02 Maret 2018 | 11:20 WITA


TAGS: Plt Walikota Denpasar Pemelaspasan Bale Kulkul



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: