I Wayan Eka Saputra, GM Pelindo III Cabang Benoa

Pengembangan Dermaga Cruise Benoa Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Minggu, 31 Desember 2017 | 10:20 WITA

Pengembangan Dermaga Cruise Benoa Dongkrak Kunjungan Wisatawan

beritabalicom/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Pengembangan Pelabuhan Benoa yang dilaksanakan saat ini dengan penambahan berbagai fasilitas yang dibutuhkan, bertujuan agar mampu disinggahi kapal-kapal cruise berukuran besar, yang pada gilirannya nantinya diharapkan mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali.
 
Hal itu diungkapkan General Manager Pelindo III Cabang Benoa I Wayan Eka Saputra dalam acara press gathering tahun 2017, Kamis (28/12) di Sanur.
 
Menurut Eka Saputra, saat ini pelabuhan Benoa masih terbatas dalam menerima kedatangan kapal besar utamanya cruise berukuran panjang. Padahal kehadiran cruise berukuran besar dan panjang otomatis pula akan membawa penumpang dalam jumlah banyak.
 
Untuk itu perluasan pelabuhan Benoa ke depannya diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan melalui pelabuhan ini. 
 
“Bahkan tak tertutup kemungkinan pengembangan ini akan mendukung kegiatan Annual Meetings International Monetary Fund-World Bank Group 2018 yang akan digelar di Nusa Dua, Oktober 2018,” jelasnya.
 
Menurut Eka Saputra, perluasan dan penambahan fasilitas  di Pelabuhan Benoa sangat penting dalam konteks mendukung kunjungan wisatawan ke Pulau Dewata. Dengan kondisi pelabuhan yang ada sekarang diakui pihaknya masih menghadapi kendala terutama menerima kedatangan kapal cruise berukuran besar yang banyak berminat berlabuh di Benoa.
 
Pelabuhan yang sekarang ini, hanya bisa untuk kapal berukuran panjang sekitar 260 meter. Padahal banyak kapal pesiar yang berukuran panjang hingga melebihi 300 meter. Dengan pengembangan yang dilakukan nantinya Benoa bisa menerima kedatangan kapal cruise ukuran panjang hingga 360 meter.
 
Sedangkan pengerjaan pelabuhan, kata Eka Saputra  saat ini sedang proses tender. Selanjutnya pada tahun depan proses pengerjaan mulai berjalan, sehingga diharapkan rampung sebelum pertemuan IMF-WB.  
 
"Kita selain melakukan perluasan terminal penumpang, pendalaman pelabuhan juga mempercantik Pelabuhan Benoa," ungkapnya.
 
Hingga saat ini, kapal pesiar yang bersandar di Pelabuhan Benoa tercatat sebanyak 67 dari target 70. Ada 3 cruises yang batal karena pengaruh erupsi Gunung Agung. Penumpang terbesar umumnya dari Eropa. Di tahun 2018, ditargetkan 73 cruises bisa masuk Pelabuhan Benoa. Kunjungan terbanyak biasanya pada bulan Januari hingga April.
 
Selain pengembangan pelabuhan, menurut  GM Pelabuhan Benoa yang sempat bertugas di sejumlah daerah di antaranya di Celukan Bawang, Semarang dan Surabaya itu peningkatan pelayanan terus dilakukan untuk customer serta sistem pembayaran non tunai yang dinilai lebih praktis, cepat dan dapat dilakukan dimana saja. 
 
“Kita menjalin kerja sama dengan perbankan untuk memudahkan transaksi konsumen,” tegasnya.[bbn/msd/psk] 


Minggu, 31 Desember 2017 | 10:20 WITA


TAGS: gm pelindo benoa bali



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR BALI 2018-2023
    • I Wayan Koster dan Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan I Ketut Sudikerta
    • Total responden sampai saat ini: 814