Fungsi Smartphone untuk Traveler, Cari Tiket Promo Hingga Foto Instagramable

Senin, 27 November 2017 | 10:00 WITA

Fungsi Smartphone untuk Traveler, Cari Tiket Promo Hingga  Foto Instagramable

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Kehadiran smartphone atau ponsel pintar memang memudahkan segala macam aktivitas kita. Salah satunya saat ini adalah mengetahui informasi-informasi tentang tiket promo untuk liburan. 
 
Misalnya, aplikasi khusus pemesanan tiket pesawat yang hampir setiap harinya menawarkan berbagai macam promo-promo menarik untuk liburan. 
 
Bahkan, untuk memperluas informasi, kemudahan tiket promo juga sering didapatkan melalui layanan pesan singkat seperti Whatsapp atau LINE. 
 
Nah, bicara tentang liburan tiket promo hingga kehadiran smartphone, merupakan tiga hal penting yang saling melengkapi saat akan berlibur. 
 
Apalagi smartphone saat ini sudah memiliki fungsi yang lebih banyak daripada ponsel di waktu sepuluh tahun yang lalu.
 
Kamera ponsel pintar adalah salah satunya. Berbagai teknologi terbaru yang dirancang oleh masing-masing produsen membuat kualitas gambar yang dihasilkan kamera ponsel pintar tidak kalah bagus dibandingkan dengan kamera profesional. 
 
Namun, pada beberapa momen tertentu hasil dari kamera ponsel pintar justru tidak maksimal, sehingga beberapa momen liburan yang diabadikan pun tidak sesuai dengan yang diinginkan. 
 
Nah, agar hal ini tidak terjadi, berikut beberapa tips memotret dengan smartphone atau ponsel pintar agar hasil gambar terlihat lebih bagus saat dibagikan di instagram
 
1. Cari tahu tentang ilmu fotografi
 
Mempelajari ilmu fotografi yang umum penting untuk dilakukan sebelum menghailkan gambar yang apik melalui smartphone. 
 
Misalnya, bagaimana mengatur komposisi foto, menghitung cahaya yang masuk dan teknik-teknik dasar fotografi lainnya. 
 
Meskipun kamera pada smartphone tidak selengkap seperti kamera profesional, namun teknologi yang disematkan di dalam kamera smartphone sudah memiliki fitur yang hampir sama dengan kamera profesional. 
 
Jika sudah memahami dasar-dasar fotografi, maka secara perlahan kualitas foto kita pasti akan jadi lebih baik.
 
2. Hindari penggunaan zoom
 
Hampir semua kamera smartphone saat ini menggunakan sistem digital zoom yang membuat gambar aslinya tampak lebih besar pada satu titik tertentu. 
 
Namun, hal ini justru akan mengurangi kualitas foto sehingga membuat tampilannya akan menjadi tidak beraturan. 
Memang benar jika saat produsen smartphone menyematkan teknologi yang kian inovatif pada kamera smartphone milik mereka, agar mempermudah siapa mengambil gambar dengan cara zoom, namun, tentu saja hasilnya tetap saja tidak maksimal. 
 
Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan zoom dan mulailah beralih menggunakan fitur croping atau memotong bagian gambar agar objek terlihat jelas dan fokus sesuai dengan yang kita inginkan. 
 
Cara ini jauh lebih baik ketimbang menggunakan fitur zoom. Sebagai contoh, jika kita berkunjung ke salah satu tempat wisata Instagramable di Bali, ladang Bunga Marigold yang penuh dengan hamparan bunga dan kita ingin memotret seseorang untuk objek beserta hamparan bunganya, maka tidak perlu menggunakan fitur zoom. 
 
Justru dengan mengambil keseluruhan gambar kita nantinya bisa menentukan bagian mana yang dipotong agar objek tersebut menjadi terlihat lebih jelas atau dekat.
 
3. Gunakan cahaya alami, hindari penggunaan filter
 
Beberapa ponsel memiliki fitur filter yang mampu mengubah gambar yang awalnya terlihat gelap menjadi lebih terang bahkan hingga tampak vintage. 
 
Namun, jika ingin menggunakan smartphone untuk mendapatkan foto yang instagramable, alangkah baiknya menggunakan cahaya alami yang berasal dari matahari. 
 
Oleh karena itu, penting untuk menemukan momen yang tepat saat akan mengambil sebuah gambar, yaitu di pagi atau sore hari saat cahaya matahari sedang memaparkan sinar terbaiknya. 
 
Apalagi saat ini beberapa smartphone terbaru sudah memiliki kemampuan menangkap cahaya yang lebih baik daripada smartphone sebelumnya. Oleh karena itu, sebisa mngkin untuk tidak menggunakan filter, namun lebih memilih menggunakan cahaya alami. 
 
4. Objek gambar gelap? Hindari penggunaan fitur Flash
 
Lampu Flash pada kamera profesional memang bisa digunakan untuk menghasilkan gambar lebih terang saat kondisi gelap. Namun, bukan berarti hal yang sama berlaku di kamera smartphone. 
 
Rata-rata, hampir semua Flash pada smartphone masih belum memiliki pengaturan manual intensitas cahaya yang masuk. Hasilnya, akan muncul backlight pada hasil foto. 
 
Oleh karena itu, hindari menggunakan Flash saat mengabadikan gambar di malam hari. Toh, faktanya saat ini beberapa smartphone memiliki teknologi khusus yang mampu mendeteksi sebuah objek yang berada dalam kondisi gelap namun tetap mampu menghasilkan gambar yang terang. 
 
5. Cari sudut pengambilan gambar yang baru
 
Hal yang paling umum saat akan mengambil sebuah gambar adalah dengan berdiri. Saat liburan, cobalah untuk mengambil gambar dengan cara yang baru. 
 
Bisa dimulai dari bawah setingkat dengan bagian kaki atau mengambil gambar dengan posisi kamera smartphone di atas kepala, 
 
Cara ini akan membuat foto liburan jadi terlihat lebih berbeda dan menampilkan perspektif sehingga akan membuat teman-teman tertarik dengan foto-foto liburan kita. [bbn/wrt]


Senin, 27 November 2017 | 10:00 WITA


TAGS: smartphone foto travel



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN BAKAL CALON GUBERNUR BALI 2018
    • Dr. IGN Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa
    • Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos
    • Dr.Ir. Wayan Koster, M.M.n.
    • I Gede Pasek Suardika, SH
    • Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si
    • Drs. I Ketut Sudikerta
    • Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya S.IP
    • Total responden sampai saat ini: 1604