LUEP Baru Serap 39,36% Gabah Bali Per Tahun

Sabtu, 11 Februari 2017 | 16:00 WITA

LUEP Baru Serap 39,36% Gabah Bali Per Tahun

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com,Tabanan. Dalam pembekalan teknis bagi penerima dan pelaksana DPM-LUEP di gedung Mandala Mathika Subak Sanggulan-Tabanan, Jumat (10/2), wacana pengoptimlan LUEP digencarkan. 
 
Sebab, saat ini Bali memiliki 1.414 usaha penggilingan padi. Sesuai data yang tercatat, produksi gabah di Bali tiap tahun adalah 850.000 ton GKG (Gabah Kering Giling). 
 
Namun, dari total jumlah produksi tersebut, gabah yang diserap oleh LUEP melalui DPM baru mencapai  33.462 ton GKG atau 39,36% per tahun.
 
Padahal, menurut Sudikerta, DPM-LUEP merupakan salah satu program yang diharapkan dapat membantu petani dalam memasarkan hasil pertanian dengan harga yang sesuai.
 
Sementara itu, dilain sisi, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Bali, I.B Wisnuardhana juga mengharapkan agar para petani secara berkelompok proaktif serta kreatif mengembangkan dan mengintegrasikan berbagai komoditas yang bernilai ekonomi tinggi dengan penerapan teknologi maju spesifik lokasi, memproduksi sendiri pupuk organik yang dibutuhkan, dan dapat memenuhi sarana produksi lainnya sekaligus melakukan pemasaran hasil panen secara mandiri. [rls/wrt]


Sabtu, 11 Februari 2017 | 16:00 WITA


TAGS: LUEP Petani



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: