Tiga Siswa SD Ke Jepang, Bupati Suwirta Minta Promosikan Budaya Klungkung

Senin, 21 September 2015 | 19:10 WITA

Tiga Siswa SD Ke Jepang, Bupati Suwirta Minta Promosikan Budaya Klungkung

bbn/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM    Males Baca?

Beritabali.com, Klungkung. Tiga Siswa SDN 1 Kamasan Klungkung yang kini duduk di kelas 6 terpilih dalam ajang Kanaya International Art Week 2015 di Jepang. Pertukaran pelajar SD ini diikuti oleh seluruh SD di Bali yang dipilih oleh Museum Kanaya sebuah yayasan International yang menangani tentang pelestarian budaya di Jepang.
 
Ketiga siswa tersebut pamitan kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di Ruang Kerja Senin (21/9/2015). Dalam kesempatan tersebut ketiga siswa didampingi oleh Guru Wali Ni Putu Sri Bahaswari, Kabidikdas Disdikpora Kabupaten Klungkung Made Sukada, Kepsek SDN 1 Kamasan Nyoman Budaya serta dari masing-masing orangtua siswa.
 
Wali Kelas murid Sri Bahaswari menceritakan terpilih ketiga anak didiknya melalui lomba karya tulis yang diadakan oleh Musem Kanaya dalam format Essay dengan tema “Apa yang anda inginkan belajar di Jepang”. Ketiga anak siswa SDN 1 Kamasan yang terpilih adalah Bagus Pande Darma Putra (12), Made Dian Juliastini (11) dan Luh Gede Listya Ari Santi (11). Lomba yang dimaksud diselenggarakan dari tanggal 1 sampai 3 September dengan format sebanyak 2 – 4 halaman yang dikirim memalui email.
 
Lebih lanjut, Sri Bahaswari mengatakan selama 6 hari di Jepang, dari 2 sampai 7 Oktober mendatang, anak-anak yang terpilih akan melakukan berbagai kegiatan, seperti belajar bersama anak-anak di Jepang, pertukaran seni dan budaya dengan melakukan pentas tari dan gamelan, melukis bebas yang akan dipajang di Museum Kanaya serta berbagai kegiatan yang akan dilakukan di Museum tersebut.
 
Keberangkatan ketiga siswa tersebut akan didampingi oleh Guru Walinya beserta seluruh siswa yang terpilih di Bali pada tanggal 1 oktober mendatang.
 
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berpesan kepada siswa agar belajar dengan baik disana, kemudian harus ada yang dibawa dari Jepang baik pengetahuan, pengalaman dan budaya disana untuk digunakan disekolah dan diceritakan ke teman-teman sebagai motivasi mereka.
 
Bupati Suwirta juga menyampaikan agar anak-anak ini mampu mempromosikan budaya Klungkung di Jepang dengan menjual atau bertukar souvenir dengan teman-teman di Jepang nantinya.
 
Bupati Suwirta pada kesempatan tersebut memberikan dana pembinaan secara pribadi kepada siswa tersebut sebagai motivasi atas prestasi mereka dan sebagsi bekal selama belajar di Jepang. [bbn/rls]


Senin, 21 September 2015 | 19:10 WITA


TAGS: bupati klungkung




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: