Ekbis

Saluran Irigasi Jebol

20 Hektar Lahan Sawah di Mengwi Terbengkalai Setahun

 Kamis, 20 Januari 2022, 11:50 WITA

beritabali/ist/20 Hektar Lahan Sawah di Mengwi Terbengkalai Setahun.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Badung. 

Saluran air irigasi bagi lahan pertanian sangat penting dan vital karena berdampak langsung dengan tingkat pertumbuhan, pengolahan maupun hasil panennya. Untuk itu, jika sampai mengalami kerusakan tentu berdampak besar ke luasan lahan pertanian berhektar-hektar.

Seperti yang terjadi di saluran irigasi pertanian di subak Tukub Lanyahan, Banjar Tauman, Desa Kekeran, Kecamatan Mengwi, Badung yang jebol. Sehingga, puluhan hektar lahan pertanian tidak mendapat aliran air dari irigasi.

Menurut Wakil (Pengliman) Pekaseh Subak Tukub Lanyahan, Banjar Tauman, Desa Kekeran, Kecamatan Mengwi, Badung, I Negah Sader kondisi tersebut telah dialami selama lebih dari satu tahun. Namun, hingga saat ini, kata dia, sama sekali belum terlihat ada upaya perbaikan oleh pihak terkait.

"Ada sudah empat panen sampai lima panenan atau bisa dikatakan satu tahun lebih kondisi lahan persawahan kami disini tidak mendapat aliran air. Ya, akibat dari adanya salah satu saluran air irigasi jebol sampai saat ini kondisinya masih kami alami," katanya, Rabu (19/1) di Desa setempat.


Halaman :