News

Sejarah April Mop, Perayaan Prank Sedunia

 Jumat, 01 April 2022, 23:45 WITA

beritabali.com/kompas.com/Sejarah April Mop, Perayaan Prank Sedunia

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Tanggal 1 April, hari ini, dikenal sebagai April Mop atau disebut juga April Fool's Day. Pada hari ini, semua orang diberikan izin sesaat untuk melakukan kebohongan, lelucon atau berbagai jenis prank lainnya demi kesenangan. 

Di akhir hari, pelaku bakal membuka kedoknya dengan berteriak keras dan bangga, "April Mop!" pada korbannya. 

Tidak boleh ada rasa marah atau emosi negatif lainnya yang muncul ketika jadi korban tradisi April Mop ini, demikian kepercayaannya. Bagi sebagian orang penyuka lelucon, April Fool's Day adalah momen yang amat dinantikan. Namun ada yang tidak menyukainya karena harus terus khawatir atau curiga bakal menjadi korban ulah keisengan orang lain. 

Sejarah April Mop, hari kebebasan prank sedunia 

April Mop adalah salah satu perayaan populer yang paling dikenal di seluruh dunia, tanpa memandang negara, agama dan kelas ekonomi. Pada momen ini, anak-anak melakukan prank pada orangtuanya, atasan mengerjai bawahan atau rekan kerjanua di kantor, dan anak sekolah melakukannya pada sahabatnya. 

Belakangan, sejumlah brand maupun perusahaan juga kerap melakukan prank dengan merilis produk atau kabar yang belakangan diklaim sebagai lelucon belaka. Uniknya, tidak ada yang benar-benar memahami sejarah dan asal muasal perayaan lelucon ini. 

Namun beberapa sejarawan berspekulasi bahwa April Mop berawal di tahun 1582, ketika Perancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian. Dalam Kalender Julian, seperti dalam kalender Hindu, tahun baru dimulai dengan ekuinoks musim semi sekitar 1 April.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





News Lainnya :


Berita Lainnya :


Trending