News

Presiden Baru Terpilih Taiwan Janji Jaga Negara dari Intimidasi China

 Senin, 15 Januari 2024, 01:29 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Presiden Baru Terpilih Taiwan Janji Jaga Negara dari Intimidasi China

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Presiden Taiwan yang baru, Lai Ching-te, berjanji bakal mempertahankan negaranya dari 'intimidasi' China. Dia mengatakan itu usai menang pemilihan presiden dengan 40,2 persen suara.

Lai, yang dicap China sebagai ancaman perdamaian di kawasan konflik, mendapatkan masa jabatan ketiga berturut-turut yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk Partai Progresif Demokratik (DPP).

China mengklaim Taiwan, yang terpisah dari daratan oleh selat sepanjang 180 kilometer, miliknya dan menolak 'unifikasi' tanpa kekerasan.

China sudah mewanti-wanti penduduk Taiwan sebelum pemungutan suara dengan mengatakan Lai sebagai 'bahaya besar' serta mendesak pemilih menghindarinya. Pemungutan suara yang dilakukan pada Sabtu (13/1) dikatakan tak akan menghentikan upaya pengambilan alih Taiwan.

Dalam pidato kemenangannya Lai mengatakan bakal menjaga perdamaian dan stabilitas di selat Taiwan. Meski begitu dia berjanji akan mempertahankan negara dari agresi China.

"Kami bertekad menjaga Taiwan dari ancaman dan intimidasi yang terus berlanjut dari China," katanya kepada para pendukungnya, diberitakan AFP.

Berdasarkan hasil pengumpulan suara di seluruh TPS, Lai mendapatkan 40,2 persen suara. Sedangkan pesaingnya dari oposisi Kuomintang (KMT), Hou Yu-ih, meraih 33,5 persen.

Pemilu ini diawasi ketat oleh China dan mitra militer Taiwan, Amerika Serikat. Kedua negara ini bersaing mendapatkan pengaruh di Taiwan.(sumber: cnnindonesia.com)

Penulis : bbn/net

Editor : Juniar



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending