News

Ibu-ibu PKK Menari Janger Belajar dari YouTube, Ibu DPRD Ikut Serta

 Jumat, 28 April 2023, 00:10 WITA

beritabali/ist/Ibu-ibu PKK Menari Janger Belajar dari YouTube, Ibu DPRD Ikut Serta.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Gianyar. 

Ibu PKK Banjar Tengkulak Kelod, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, ngayah menari janger di pura. Mereka lihai menari berkat belajar dari YouTube.

Desak Putu Tirta yang merupakan tokoh Tengkulak yang juga Anggota DPRD Kabupaten Gianyar mengaku ibu-ibu PKK ikut serta berusaha mempertahankan seni dan budaya di Gianyar. 

“Secara Niskala kami berbahagia bisa ngayah meskipun banyak kesibukan, karena bisa berekspresi dan bertemu sesama,” ujarnya.

Peserta ibu-ibu PKK yang hadir mencapai 45 orang dengan tarian Sekar Jagat, tari Cenderawasih dan Janger. Meski baru berlatih 15 hari, namun mereka lihai menari sejumlah tarian.

Mengenai pelatihan selama ini dilatih oleh pelatih dari desa Mas. Namun, beberapa tari, disimak dari YouTube. “Kami juga latihan lihat di YouTube,” ujarnya.

Untuk latihan janger berlatih 15 hari. “Lebih banyak latihan di YouTube lihat di HP,” ungkap penghobi nari itu.

Sebagai dewan, dia menyelingi agar bisa ngayah. “Semoga dapat kerahajengan dan kerahayuan,” ungkapnya.

Dia berharap, sebagai perempuan, semuanya bisa mempertahankan dan melestarikan seni serta budaya. “Sebab banyak kegiatan, ada piodalan di Samuan Tiga, mudah-mudahan bisa ngayah,” jelasnya.

Srikandi PDIP juga memfasilitasi bansos pakaian janger yang telah cair pada 2022. “Agar kesenian ini terus berkesinambungan,” tutupnya.

Penulis : bbn/gnr

Editor : Robby



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Gianyar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending