Hukrim

Buronan Kanada Mengaku Diperas Sebelum Ditangkap, Begini Respons Polda Bali

 Senin, 05 Juni 2023, 21:45 WITA

bbn/dok beritabali/Buronan Kanada Mengaku Diperas Sebelum Ditangkap, Begini Respons Polda Bali.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Kepolisian Daerah Bali menangkap buron Interpol Warga Negara Asing (WNA) asal Kanada di Bali bernama Stephane Gagnon, 50 tahun, pada 20 Mei 2023. Hal ini dibenarkan Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri.

Penangkapan Stephane berdasarkan pada red notice control Nomor A-6452/8-2022 tertanggal 5 Agustus 2022. Stephane Gagnon merupakan buronan pemerintah Kanada karena diduga melakukan tindak pidana penipuan dan pemalsuan di Kanada.

Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Inspektur Jenderal Krishna Murti mengatakan pihaknya mendapat informasi dari Kanada ada buronannya yang masuk ke Bali pada 2023. 

“Dari situ maka alamatnya bisa diketahui. Kita info ke Polda Bali dan ditangkap oleh Polda Bali,” kata Krishna saat dihubungi, Minggu, 4 Juni 2023.

Khrisna mengatakan Stephane memasuki wilayah Indonesia secara legal ketika belum terbit red notice. Polisi baru mendapat informasi red notice dari Kepolisian Kanada pada Februari lalu melalui Interpol. 

“Bahwa yang bersangkutan adalah buronan polisi Kanada lewat red notice tersebut. Alhasil, kami berkoordinasi dengan Polda Bali mencari dan akhirnya dapat menangkap yang bersangkutan,” kata Khrisna. 

Menurut Khrisna Divhub Inter menerjunkan tim ke Bali setelah berkoordinasi dengan Kanada. Divhub Inter dan Kanada sepakat untuk mendeportasi Stephane ke Kanada melalui Sydney, Australia, pada hari ini, Minggu, 4 Juni 2023.

Namun penangkapan ini diselimuti dugaan pemerasan yang dilakukan oleh makelar kasus dan diduga anggota Polri. Kuasa hukum Stephane, Maruli Harahap, mengatakan kliennya sempat mengirim ratusan juta kepada perantara (middleman) dan dibagikan ke anggota Polri. Uang itu, kata dia, sebagai imbalan janji kliennya tidak akan ditangkap. 


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending