Opini

Politik Ala De Gadjah: Komitmen Persaudaraan di Atas Tanggung Jawab Jabatan

 Rabu, 06 September 2023, 01:03 WITA

beritabali/ist/Politik Ala De Gadjah: Komitmen Persaudaraan di Atas Tanggung Jawab Jabatan.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Saya bersamanya kurang lebih lima tahun berjalan. Kala itu, saya dipertemukan oleh sahabat seangkatan di pesantren yang ada di Gerindra Pusat, Mukhlis namanya. 

Dia menawarkan, “ayok Gabung ke Gerindra, bung. Ikut pelatihan di Hambalang, nanti saya sambungkan ke Pimpinan Gerindra Denpasar, Made Muliawan Arya (De Gadjah) untuk rekomendasikan kamu”. Singkat cerita dengan segala pertimbangan saya iyakan.

Sehabis pendidikan itulah saya bersamanya, baik di kantor maupun turun ke masyarakat. Selama itu pula saya dapat mengenalnya lebih dekat, baik cara berpikirnya dan model kerjanya serta komitmen politiknya.

Tulisan singkat ini, saya ingin fokus menulis tentang politiknya. Menurut saya, ada sesuatu yang menarik dari politik De Gadjah. Baik dari segi proses, maupun komitmen politiknya.

Hemat saya, keberhasilan politik pemula itu ada tiga : money politik, investasi sosial, luasnya keluarga/kawan. Dan pada diri De Gadjah, saya melihat keberhasilannya tidak lepas dari luasnya kawan dan investasi sosial.

Proses Politik De Gadjah

Menurutnya, tidak pernah terbesit dalam dirinya akan menjadi seorang politikus apalagi anggota dewan. Hidup muda di jalanan, sekian pengalaman manis-pahit sudah dirasakan. 

Kemudian ada kondisi keras yang dapat merubah dirinya untuk menjadi lebih baik, yakni ketika dirinya harus dipenjara sebab kenakalan remaja. Kemudian sang Ibu menyambanginya ke penjara tempat dirinya tinggal. Dalam hatinya berbesit “Saya harus berubah untuk membuat ibu tersenyum”.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending