Opini

Manfaat Rumput Laut Dalam Dunia Kecantikan dan Kesehatan

 Selasa, 24 Januari 2023, 14:13 WITA

beritabali/ist/Manfaat Rumput Laut Dalam Dunia Kecantikan dan Kesehatan.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Sering kita bertanya-tanya tentang konsep pertanian dan perikanan di masa depan, budidaya yang tanpa perlu pestisida, tanpa perlu pemberian pakan, tidak memerlukan lahan yang luas dan dapat digunakan tidak hanya untuk bahan pangan tetapi dapat juga digunakan untuk kosmetik dan lainnya. Jawabannya adalah ..ya budidaya rumput laut.



Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang metode budidaya dan pengolahan rumput laut ada baiknya kita kenali dahulu apa itu rumput laut, kenapa harus rumput laut dan mengapa harus rumput laut. Ada sebuah pepatah tak kenal maka tak sayang. Sepertinya ini adalah suatu ungkapan yang sangat menarik untuk mengenal lebih jauh tentang rumput laut.

Rumput laut atau yang lebih popular disebut seaweed adalah tumbuhan berklorofil yang tidak memiliki akar, batang maupun daun, tetapi hanya memiliki batang yang menyerupai thalus saja. Rumput laut terdiri dari beberapa spasies, dan untuk yang popular disebut dengan Eucheuma Cottoni dan Eucheuma Spinosum. 

Rumput laut atau seaweed merupakan salah satu tumbuhan laut yang tergolong dalam makroalga benthik yang banyak hidup melekat di dasar perairan. Rumput laut merupakan ganggang yang hidup di laut dan tergolong dalam divisi thallophyta. Klasifikasi rumput laut berdasarkan kandungan pigmen terdiri dari 4 kelas, yaitu rumput laut hijau (Chlorophyta), rumput laut merah (Rhodophyta), rumput laut coklat (Phaeophyta) dan rumput laut pirang (Chrysophyta). 

Rumput laut ini merupakan salah satu kelompok tumbuhan laut yang mempunyai sifat tidak bisa dibedakan antara bagian akar, batang, dan daun. Seluruh bagian tumbuhan disebut thallus, sehingga rumput laut tergolong tumbuhan tingkat rendah, Bentuk thallus rumput laut bermacam-macam, ada yang bulat seperti tabung, pipih, gepeng, bulat seperti kantong, rambut, dan lain sebagainya. 

Thallus ini ada yang tersusun hanya oleh satu sel (uniseluler) atau banyak sel (multiseluler). Percabangan thallus ada yang thallus dichotomus (dua-dua terus menerus), pinate (dua-dua berlawanan sepanjang thallus utama), pectinate (berderet searah pada satu sisi thallus utama) dan ada juga yang sederhana tidak bercabang. 


Halaman :





Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.



Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending