Opini

Efek Gerhana April 2023 dan Bias Opini Publik

 Senin, 24 April 2023, 21:45 WITA

bbn/ilustrasi/Efek Gerhana April 2023 dan Bias Opini Publik.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Gerhana secara astrologi adalah momen astronomi (dan astrologi) yang kurang mujur karena teralangnya energi positif yang seharusnya bermanfaat bagi kesejahteraan manusia. 

Gerhana senantiasa terjadi secara teratur, tetapi efek tiap-tiap gerhana akan berbeda tergantung dari konjungsi planet-planet dan medan di mana gerhana itu terjadi. Gerhana paling ’mengerikan’ di abad ini adalah gerhana di pengujung tahun 2019 lalu, saat matahari, bulan, Jupiter, Saturnus, Ketu, Rahu dan Pluto berada dalam satu medan. 

Pluto (Patala), meskipun jarang diperhitungkan dalam astrologi tradisional, adalah planet pembawa infeksi. Kita tahu apa yang terjadi beberapa bulan setelah gerhana itu, bukan?

Menurut kitab-kitab Jyotisa, efek gerhana matahari biasanya mulai terjadi 3 bulan setelah gerhana terjadi. Sementara itu, efek gerhana bulan biasanya terjadi beberapa hari atau minggu setelahnya. Durasi gerhana matahari akan mempengaruhi seberapa lama efek itu akan bertahan. Efek paling signifikan biasanya terjadi di lokasi-lokasi di mana gerhana tersebut tampak.

Misalnya, gerhana matahari 20 April 2023 kemarin mulai terjadi sekitar pukul 9:30 dan berakhir pukul 12:30. Jadi, durasi maksimumnya sekitar 3 jam atau kurang lebih 4-5 muhurta. Dengan demikian, kita dapat memprediksi efek puncak gerhana ini akan terjadi selama kurang lebih 3 bulan.

Pada gerhana matahari 20 April 2023 lalu, ada empat benda langit yang berkumpul dalam satu medan (Rasi Aries), yakni matahari (Raditya), bulan (Soma), Merkurius (Budha) dan Kala Rahu. Penguasa Rasi Aries adalah Mars (Anggara), sehingga sifat planet Mars (berkobar, panas, reaktif) menguasai medan gerhana itu. Merkurius ada di medan Mars (Aries) dan Mars pada saat yang sama ada di medan Merkurius (Rasi Gemini). Jadi, kedua planet ini saling ’intip’ medan.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending