Opini

Cegah Infeksi Rawat Luka dengan Tepat

 Rabu, 24 Agustus 2022, 18:48 WITA

beritabali/ist/Cegah Infeksi Rawat Luka dengan Tepat.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Luka adalah kehilangan atau kerusakan pada bagian jaringan tubuh yang disebabkan oleh trauma tajam atau tumpul, perubahan suhu, paparan bahan kimia, ledakan, sengatan listrik, atau gigitan hewan. 



Luka dapat diklasifikasikan sebagai jenis yang berbeda, yaitu dari luka ringan, sedang sampai berat, dari luka kecil sampai besar, dari luka dangkal sampai luka dalam, dari luka tidak menular sampai infeksi. Jenis-jenis luka yang umum ditemui: luka avulsi atau luka koyak, luka tusuk, luka robek atau laserasi, luka sayat atau insisi, dan luka baret atau abrasi.

Penyembuhan luka adalah suatu proses perbaikan jaringan kulit atau organ lainnya setelah terjadi luka. Meskipun memiliki prinsip dasar yang sama, langkah-langkah perawatan luka dapat berbeda, tergantung pada jenis lukanya. Luka yang tidak dirawat dengan baik dapat menimbulkan infeksi. 

Tanda dan Gejala luka mengalami infeksi yaitu terjadi bengkak disekitar luka, merasa panas pada daerah luka atau suhu badan panas, kemerahan dan nyeri pada sekitar luka, berbau dan terdapat cairan berupa nanah pada luka. Sehingga perlu diketahui cara merawat luka yang baik dan benar untuk mencegah infeksi. 

Prinsip perawatan luka yang pertama pembersihan atau pencucian luka. Pada luka kering (tidak mengeluarkan caiaran) dibersihkan dengan ditekan dan di gosok pelan-pelan menggunakan kasa steril sedangkan pada luka basah dibersihkan dengan dialiri dengan air bersih Sekitar luka boleh dibersihkan menggunakan sabun, akan tetapi tidak pada lukanya, untuk menghindari iritasi. apabila terdapat kotoran atau benda tertancap pada luka setelah dibersihkan, gunakan pinset steril (yang sudah dibersihkan menggunakan alkohol) untuk mencabutnya. 


Halaman :






Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending