News

Waspada Potensi Bencana Hidrometeorologi di NTB

 Jumat, 03 Juni 2022, 22:40 WITA

beritabali/ist/Waspada Potensi Bencana Hidrometeorologi di NTB.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, NTB. 

Indeks labilitas sebagian besar wilayah di NTB menunjukkan adanya kondisi udara labil yang mendukung potensi pertumbuhan awan konvektif.

Itu menjadi penyebab potensi hujan lebat di wilayah NTB beberapa hari belakangan. Kondisi atmosfer yang labil menjadi penyebab terbentuknya awan yang menyebabkan potensi hujan.

Berdasarkan analis BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid di Praya, Lombok Tengah, kelembaban udara pada lapisan 850mb hingga 500mb di sebagian besar wilayah NTB, berkisar antara 50 persen– 99 persen. 

"Hal tersebut berperan mendukung terjadinya pertumbuhan awan hujan yang memberikan dampak masih adanya potensi hujan dalam tiga hari ke depan di beberapa wilayah NTB,” tulis BMKG Stasiun Meteorologi ZAM dalam keterangan pers, Jumat (3/6).

Masyarakat NTB diimbau agar selalu waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologis seperti hujan lebat dan angin kencang.

“Misalnya saat angin kencang, bagi pengendara lebih baik menepi terlebih dulu untuk menghindari risiko jika terjadi pohon tumbang ataupun baliho tumbang. Kemudian banjir tanah longsor dan lain-lain,” katanya.


Halaman :