News

Viral Lihat Dampak Letusan Gunung Semeru Pakai Drone

 Senin, 06 Desember 2021, 10:50 WITA

beritabali.com/ist/suara.com/Viral Lihat Dampak Letusan Gunung Semeru Pakai Drone

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Pemandangan kondisi di sekitar Gunung Semeru yang diambil menggunakan drone menjadi viral. Video ini menunjukkan dampak parah letusan Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Penampakan visual udara ini dibagikan oleh akun TikTok @restukangtahu. Hingga berita ini dipublikasikan, video sedikitnya telah disaksikan 3 juta kali dan mendapatkan 180 ribu tanda suka.

Dalam video, terlihat kondisi Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang pasca erupsi Gunung Semeru. Drone tersebut menunjukkan kondisi memilukan daerah tersebut yang telah diterjang lahar dingin.

"Visual udara terkini wilayah terdampak di Kecamatan Kabupaten Lumajang, Semeru," tulis akun ini sebagai keterangan TikTok.

Terlihat, puluhan rumah warga sudah tenggelam karena lahar dingin. Pemandangan dari atas hanya menunjukkan atap-atap rumah warga yang masih terlihat.

Sedangkan pintu dan jendela beserta isi rumah sudah berada di dasar lahar dingin. Selain itu, tampak ratusan pohon kelapa yang masih berdiri tegak.

Pohon-pohon kelapa yang bertebaran itu banyak yang tidak tumbang saat diterjang lahar dingin. Kendati demikian, suasana daerah itu sudah begitu suram dan tidak ada tanda-tanda kehidupan lagi.

Kabut tebal dan langit yang mendung juga semakin membuat suasana di daerah itu begitu mencekam. Sedangkan daerah yang mendekati Gunung Semeru sudah seperti lautan lahar dingin.

Pasalnya, pemandangan dari drone hanya menunjukkan hamparan lahar dingin yang luas dan merata. Tidak terlihat adanya persawahan, rumah, ataupun jalan untuk lewat.


Halaman :