Banner Image
Banner Image

News

Vatikan Kaget dan Sedih, Minta Cina Segera Beri Penjelasan

 Minggu, 27 November 2022, 19:22 WITA

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Vatikan Kaget dan Sedih, Minta Cina Segera Beri Penjelasan

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Vatikan menuduh pihak berwenang Cina melanggar perjanjian bilateral tentang penunjukan uskup, pada Sabtu (26/11/2022) dengan melantiknya di keuskupan yang tidak diakui oleh Tahta Suci.

Pernyataan itu mengatakan Vatikan telah mengetahui "dengan terkejut dan menyesal" bahwa uskup dari distrik lain telah ditunjuk sebagai asisten atau asisten uskup di Jiangxi.

Dilansir Reuters, pengangkatan yang tidak sah tampaknya menjadi salah satu pelanggaran paling serius terhadap perjanjian 2018 antara Vatikan dan Beijing tentang penunjukan uskup. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Cina tidak segera menanggapi permintaan komentar terhadap isu tersebut.

Perjanjian tersebut, yang oleh beberapa umat Katolik dikecam sebagai penjualan kepada otoritas komunis Cina, telah diperpanjang dua tahun pada bulan Oktober. Detailnya masih dirahasiakan.

Vatikan tidak mengakui Jiangxi sebagai keuskupan, kata pernyataan itu, menambahkan bahwa fasilitas itu tidak "sesuai dengan semangat dialog" yang disepakati kedua pihak pada 2018.

Dikatakan, tanpa memerinci, bahwa Uskup Giovanni Peng Weizhao diangkat "setelah tekanan kuat dari otoritas lokal".

Kantor berita Katolik, AsiaNews mengatakan Peng diam-diam ditahbiskan sebagai uskup dengan izin Paus pada tahun 2014, empat tahun sebelum perjanjian, dan ditahan di penjara selama enam bulan pada saat itu.


Halaman :





Tonton Juga :