News

Kasus Rabies di Jembrana Tertinggi di Bali

Vaksinasi Rabies di Melaya Sasar Tiap Rumah Warga

 Rabu, 06 April 2022, 11:35 WITA

beritabali/ist/Vaksinasi Rabies di Melaya Sasar Tiap Rumah Warga.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Jembrana. 

Kabupaten Jembrana tercatat tertinggi di Bali dalam hal kasus gigitan anjing rabies. Untuk menekan jumlah kasus gigitan anjing rabies tersebut, Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana melakukan vaksinasi rabies yang menyasar Dusun Sumbersari, Desa Melaya, Kecamatan Melaya Selasa (05/04/2022). 

Vaksinasi ini menyusul adanya kasus gigitan anjing rabies di daerah tersebut. Petugas mendatangi satu per satu rumah warga yang memiliki anjing peliharaan untuk divaksin. Vaksinasi berjalan dengan lancar karena mendapat dukungan dari warga setempat. 

Meskipun ada beberapa warga yang tadinya enggan memvaksin anjing peliharaannya namun setelah diberikan edukasi terkait pencegahan penyebaran virus rabies akhirnya warga tersebut mau menyerahkan anjingnya untuk di vaksin. Salah satu petugas vaksinasi Ni Komang Apriliani mengatakan, vaksinasi emergency dilakukan sebagai respon terjadinya gigitan anjing pekan lalu. 

"Dari kasus gigitan terkahir minggu lalu, hasil dari penelitian laboratorium positif rabies," terangnya.

Adapun radius anjing yang divaksin sekitar 5 -10 kilometer dari lokasi terjadinya gigitan anjing rabies, karena anjing yang positif rabies sebelum mati kekhawatiran sempat menularkan rabies dengan menggigit anjing lain di sekitarnya.

Penulis : bbn/jbr




Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.



Hasil Polling Calon Bupati Jembrana 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending