News

Ukraina Ungkap Kebrutalan Tentara Bayaran Rusia Wagner di Medan Tempur

 Rabu, 25 Januari 2023, 12:04 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Ukraina Ungkap Kebrutalan Tentara Bayaran Rusia Wagner di Medan Tempur

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Sebuah dokumen dari intelijen militer Ukraina mengungkap kebrutalan tentara bayaran Rusia, Wagner, di medan tempur. Wagner merupakan tentara bayaran yang dioperasikan oligarki Rusia Yevgeny Prigozhin. Pasukan ini menjadi sempat sorotan usai terlibat pertempuran sengit di Soledar.

Kebrutalan pasukan Wagner tertuang dalam laporan pada Desember 2022 lalu. Bagi Ukraina, Wagner merupakan ancaman unik dari jarak dekat, meskipun banyak tentara mereka tewas.



"Kematian ribuan tentara Wagner tak jadi soal bagi masyarakat Rusia," demikian menurut laporan tersebut, seperti dikutip CNN.

"Kelompok penyerang tak mundur tanpa komando. Penarikan tim yang tak sah atau tanpa korban luka bisa dieksekusi di tempat," lanjut laporan itu.

Menurut laporan Ukraina, para tentara Wagner yang terluka sering meninggalkan medan perang selama beberapa jam.

"Infanteri serbu tak boleh membawa yang terluka keluar dari medan perang sendirian, karena tugas utama mereka adalah melanjutkan penyerangan sampai tujuan tercapai," lanjut laporan itu.

Jika pun penyerangan gagal, mereka baru boleh mundur pada malam hari. Laporan itu juga menyebutkan hasil penyadapan ponsel tentara Wagner yang tengah berbincang. 

Mereka mengindikasikan sikap tanpa ampun. Di suatu waktu, seorang tentara terdengar membicarakan tentara yang ingin menyerah di Ukraina.

"Wagnerian [Para tentara Wagner] menangkap dia dan memotong bola kemaluannya," kata para tentara dari hasil penyadapan itu.

Namun, CNN belum bisa memverifikasi secara independen terkait hasil penyadapan tersebut.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.