News

Turki Bubarkan Pawai LGBT Tanpa Izin

 Senin, 27 Juni 2022, 11:40 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Turki Bubarkan Pawai LGBT Tanpa Izin

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Polisi Turki membubarkan pawai perayaan komunitas Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) atau Pride di Istanbul dan menahan lebih dari 200 demonstran, Minggu (26/6). Gubernur Istanbul telah melarang pawai tersebut yang berlangsung di sekitar Taksim Square di jantung kota. 

Namun, pawai itu tetap berlangsung yang dihadiri ratusan orang dengan pengawalan ketat kepolisian. Polisi pun segera menahan para pengunjuk rasa dan mengangkut mereka ke sejumlah bus mereka ke bus. Wartawan AFP melihat empat bus berisi ratusan orang yang ditahan.

Organisasi penyelenggara pawai mengklaim lebih dari 200 peserta Pride dan aktivis LGBTQ telah ditahan. Polisi, katanya, juga menolak memberikan akses pengacara bagi ratusan peserta pawai yang ditahan tersebut.

Puluhan pedemo LGBT itu sudah ada yang dibebaskan. Satu dari ratusan demonstran yang ditahan itu ialah kepala fotografer AFP, Bulent Kilic. Ia dibawa pergi dengan tangan diborgol dari belakang dan dibebaskan pada Minggu malam setelah memberikan pernyataan kepada polisi, kata pengacaranya.

Polisi mencegah mediamerekam penangkapan Istanbul, menurut wartawan AFP. Meski telah dibubarkan, ratusan pengunjuk rasa lain masih berusaha berdemonstrasi sambil membawa bendera pelangi sambil menghadapi barikade polisi.

"Masa depan ini unik. Kami di sini. Kami unik. Kami tidak akan ke mana-mana," teriak mereka. 

Penahanan para pedemo ini pun memicu perhatian internasional, terutama dari kelompok pemerhati HAM dan hak kaum LGBT.

"Semua yang ditahan semata-mata karena partisipasi mereka dalam Pride harus segera dibebaskan dan tanpa syarat," kata Milena Buyum dari Amnesty International.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.