News

Tol Gilimanuk-Mengwi Telan Dana Investasi Rp24,6 Triliun

 Jumat, 11 Maret 2022, 12:05 WITA

beritabali.com/kompas.com/Tol Gilimanuk-Mengwi Telan Dana Investasi Rp24,6 Triliun

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi di Bali akan menjadi jalan tol pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan jalur sepeda. Jalan bebas hambatan berbayar ini dirancang sepanjang 96,84 kilometer dan menelan dana investasi sebesar Rp24,6 triliun.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan dibuatnya jalur sepeda pada jalan tol Tol Gilimanuk-Mengwi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. 

"Ini akan menjadi jalan tol pertama yang ada jalur sepedanya di Indonesia. Karena memang daerah wisata jadi kita harus menyesuaikan kebutuhan wisatawan," kata Basuki dalam keterangannya, Selasa (08/03/2022). 

Pembangunan jalan tol ini diharapkan dapat mendongkrak sektor pariwisata Bali. Karena itu, Kementerian PUPR memastikan pembangunan jalan tol tidak merusak lingkungan. 

"Tadinya kita akan bikin di tengah Pulau Bali. Tapi saya merasa kalo kita bikin tol di tengah pulau yang membelah pasti akan merusak lingkungan, jadi kita ambil yang jalur pantai," kata dia. 

Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi rencananya mulai dibangun Juni 2022 dan ditargetkan selesai tahun 2024 agar bisa dioperasikan mulai November 2024.

Infrastruktur ini terbagi menjadi tiga seksi yakni Ruas Gilimanuk-Pekutatan 54,7 kilometer, Ruas Pekutatan-Soka 23,17 kilometer, serta Ruas Soka-Mengwi 18,92 kilometer.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.



Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending