News

Tips Bagi Penderita Diabetes Agar Tetap Bisa Berpuasa

 Jumat, 08 April 2022, 15:40 WITA

beritabali.com/ist/suara.com/Tips Bagi Penderita Diabetes Agar Tetap Bisa Berpuasa

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Berpuasa di bulan Ramadan adalah hal yang wajib. Namun bagi penderita diabetes, berpuasa justru berisiko meningkatkan maupun menurunkan kadar gula.

Bila tidak dilakukan secara tepat, berpuasa dapat memicu komplikasi, seperti hipoglikemia, ketoasidosis diabetik, hingga dehidrasi.

Namun, bagi penderita diabetes yang ingin tetap berpuasa, Dokter Umum dan Ahli Diabetes Vanjinathan dari Rumah Sakit Prashanth, India, telah memberikan tips amannya.

Apa yang perlu dimakan?

Vanjinathan mengimbau untuk tidak melewatkan sahur dan dimulai dengan mengonsumsi makanan ringan.

"Menjaga agar tetap terhidrasi adalah hal penting dan konsumsi makanan rendah garam serta rendah lemak lebih disarankan," ungkap Vanjinathan, dilansir Times of India.

Saat sahur, hindari makanan dengan kadar lemak tinggi sekaligus minuman berkafein. Ganti kedua menu tersebut dengan sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan banyak minum cairan.

Sementara saat berbuka, pakar merekomendasikan untuk menghindari makanan kaya karbohidrat dan lemak. Vanjinathan sangat menyarankan penderita diabetes gestasional untuk tidak berpuasa.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.