News

Ternyata Ada Jalur Suci Pendakian Raja Anak Agung Karangasem ke Gunung Rinjani

 Rabu, 30 November 2022, 09:44 WITA

bbn/Barat.go.id/Ternyata Ada Jalur Suci Pendakian Raja Anak Agung Karangasem ke Gunung Rinjani.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, NTB. 

Pendakian gunung Rinjani lewat jalur baru Sesaot-Pakuan Kecamatan Narmada, Lombok Barat, diperkenalkan lewat program Lingkar Rinjani.



Jalur yang disebut sebagai “Jalur Suci Sesaot” itu merupakan jalur suci yang digunakan pertama kali oleh Raja Anak Agung Karangasem, Bali, pada saat menguasai Lombok dulu.

Asisten II Setda Lobar, Rusditah menerangkan, jalur Sesaot, Narmada ini akan bisa menjadi alternatif lain menuju Rinjani di masa mendatang. 

"Sejarah menjadikan jalur tersebut sebagai rute pendakian purba oleh Anak Agung Karangasem, dan pertapa menuju Gunung Rinjani yang disebutkan dalam Babad Lombok," terang Rusditah, akhir pekan lalu. 

Lanjut Rusditah, hal itu disebut juga menjadi alasan Taman Narmada dijadikan sebagai replika Gunung Rinjani oleh Raja Anak Agung Karangasem. Di mana Sesaot merupakan satu wilayah yang ada di Kecamatan Narmada.

Memperkenalkan jalur suci ini, upaya eksplorasi berbagai keunikan yang ada di jalur ini pun dimulai dari kegiatan Jelajah Lingkar Rinjani, yang digelar pada akhir pekan kemarin.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.