News

Tanda-Tanda Kekalahan Putin Kian Nyata, Ukraina 'Menggila'

 Selasa, 04 Oktober 2022, 10:30 WITA

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Tanda-Tanda Kekalahan Putin Kian Nyata, Ukraina 'Menggila'

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Tanda-tanda kian lemahnya pasukan Rusia di Ukraina kian nyata setelah Kyiv terus mendesak Moskow mundur dan meninggalkan wilayah yang sebelumnya diduduki. Pasukan Ukraina telah menembus pertahanan Rusia di selatan negara itu sambil memperluas serangan cepat mereka di timur, merebut kembali lebih banyak wilayah di daerah yang dicaplok oleh Moskow dan mengancam jalur pasokan untuk pasukan Rusia.

Artinya, Ukraina telah membuat terobosan terbesar di selatan sejak perang dimulai. Pejabat Ukraina dan pemimpin Rusia di daerah itu mengatakan pasukan Ukraina merebut kembali beberapa desa di sepanjang Sungai Dnipro yang strategis pada hari Senin.

Adapun, terobosan di selatan seiring dengan kemajuan Ukraina baru-baru ini di timur, bahkan ketika Moskow telah mencoba meningkatkan taruhannya dengan mencaplok wilayah, memerintahkan mobilisasi, dan mengancam pembalasan nuklir.

Sebagai tanda Ukraina sedang membangun momentum di front timur, Reuters melihat barisan kendaraan militer Ukraina memperkuat hub kereta api Lyman yang direbut kembali pada akhir pekan dan sebuah pos untuk menekan ke wilayah Donbas.



Presiden Volodymyr Zelenskiy mengatakan tentara Ukraina telah merebut kembali kota-kota di sejumlah daerah, tanpa memberikan rincian.

"Pusat-pusat populasi baru telah dibebaskan di beberapa wilayah. Pertempuran sengit sedang terjadi di beberapa sektor garis depan," kata Zelenskiy, dikutip dari Reuters, Selasa (4/10/2022).

Vladimir Saldi, pemimpin yang ditempatkan Rusia di bagian-bagian yang diduduki di provinsi Kherson Ukraina, mengatakan kepada televisi pemerintah Rusia bahwa pasukan Ukraina merebut kembali kota Dudchany di sepanjang tepi barat Sungai Dnipro, yang membelah negara itu.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.